about me I

Senin, 16 Maret 2009

MLM BUKAN ARISAN

MLM BUKAN ARISAN

Kemaren-kemaren, ada warga brawijaya yang nulis bahwa MLM itu pada dasarnya sama aja dengan arisan. Jadi - konon - cuma masalah waktu doank kapan member MLM akan sukses dalam artian bisa jadi kaya raya dari bisnis MLM yang dijalankannya.

Pendapat di atas bener nggak seh ?

Coba kita simak pelan ...pelan ....

Istri saya ikut arisan, anak saya yang baru kelas 3 SD juga ikut arisan lho ! Dalam arisan ...
- Jumlah uang yang harus disetor jelas jumlahnya ...
- Kapan arisan itu "Dokocok" juga jelas .....
- Berapa banyak uang yang akan didapat juga jelas ....
- Semua orang PASTI KEBAGIAN meskipun baru muncul pada "Kocokan terakhir" ( Mmmh .... ;-) )

Bagaimana dengan MLM ...?

Jika anda mendaftar menjadi member MLM karena anda tertarik dengan produknya, dimana produk itu benar-benar anda butuhkan dan produk itu anda beli dengan harga yang relatif wajar SERTA anda benar - benar bergabung karena anda menginginkan manfaat produknya dan tidak memiliki motivasi lain selain mendapat Manfaat Produk maka saya berani bilang bahwa anda berada di "Jalan yang benar" dalam arti 100% anda aman !

Masalahnya, ..
Banyak orang gabung MLM gara-gara terbuai MARKETING PLAN AJAIB !
MLM abal-abal seneng banget jualan "Marketing Plan ajaib" yang konon bisa bikin orang kayak mendadap hanya dengan modal beberapa rupiah dalam waktu singkat dengan cara yang mudah !!!!
Walah ...walah ....

Jika sudah begini, apa yang terjadi ?

Sekian banyak orang mengeluarkan sekian banyak uang hanya untuk membeli produk yang tidak benar-benar ia inginkan / butuhkan. Mereka membeli produk itu bukan karena menginginkan manfaat produknya tapi menginginkan "sesuatu" di luar produk ( Bonus Mercy... Bonus Rumah...Bonus Kapal pesiar ;-) ) ..... produk akhirnya cuma kanuflase sajah ... produk yang Mahal itu kemudian teronggok begitu saja seperti layaknya sampah.

Jika hal ini yang terjadi (Dan pada kenyataannya sebagian besar MLM di indonesia memang begini :-( ) maka MLM sudah bukan lagi merupakan sebuah sistem pemasaran suatu produk atau jasa ... akan tetapi berubah menjadi ..... ARISAN BERANTAI !

Hal ini jelas tidak benar menurut logika, tidak baik secara etika dan tidak "indah" secara estetika. Ih, Menyedihkan.

ARISAN BERANTAI jelas bukan arisan biasa. Arisan berantai tidak hanya membahayakan keuangan pribadi namun juga berpotensi merugikan sekian banyak orang baik secara material maupun secara mental. (Banyak orang yang kemudian positif terjangkit gangguan kejiwaan setelah sekian lama bergabung dengan MLM ABAL-ABAL ... )

MLM bukan arisan.
Kalau mau ikut arisan, ikut saja arisan beneran bersama orang - orang yang bener.

Jadi, kalau ada yang ngajak ikut MLM tapi yang dibicarakan cuma seputar "Marketing Plan Ajaib ", "Mudah ! Cuma dua kaki !", "Ini system paling bagus ! Bisa kayak dengan mudah dalam waktu cepat serta hanya memerlukan modal sedikit !", ....Patut diwaspadai sebagai upaya untuk menjerumuskan kita ke dalam bentuk arisan berantai yang tidak hanya dilarang secara etika, namun juga sangat dibenci oleh Allah Subhanahu' wata'ala ....

MLM Bukan Arisan ...
Arisan Bukan MLM ...
Arisan Berantai bukan arisan biasa ...
Arisan MLM adalah Money Game yang berkedok MLM (Ih, serem ! )

Bandung, 15 Maret 2009
Ditulis untuk : http://www.likalikumlm.blogspot.com
Oleh : Putu djajadiwangsa
Putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691