about me I

Senin, 08 Maret 2010

Blue Ocean #1


UNDANGAN makan siang dengan menu masakan Jepang di hotel bintang 5 yang kami terima jelas merupakan undangan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sebagai pelaku bisnis konvensional dan sebagai praktisi MLM kita memang memerlukan banyak relasi untuk mengembangkan usaha. Acara makan siang bersama sekian banyak relasi adalah momen yang sangat baik untuk “menyebar kartu nama” dan .....prospecting ;-)


BUKAN MAKAN SIANG dengan hidangan berbagai daging mentah ala Jepang yang membuat acara seperti ini sayang untuk dilewatkan, Tapi “obrolan” nya.


Karena yang kami temui adalah para praktisi bisnis konvensional dan sebagian diantaranya adalah juga pelaku MLM, maka entah apa pemicu awalnya, pembicaraan kemudian asyik berputar - putar di seputar BLUE OCEAN STRATEGY.


***

BLUE OCEAN STRATEGY digagas oleh profesor asal Korea ; Chan Kim dan rekannya dari Perancis Renee Mauborgne. Intinya adalah BAGAIMANA "strategi" memenangkan kompetisi dalam dunia usaha.


Apa relevansi antara BLUE OCEAN dengan Multi Level Marketing (MLM) ? Tentu saja sangat relevan.BLUE OCEAN mendorong para praktisi MLM untuk melakukan langkah innovatif dalam ber MLM ria. BLUE OCEAN mendorong praktisi MLM untuk melakukan berbagai upaya yang BERBEDA dibanding apa yang telah ada. Rumusnya tentu saja sangat sederhana : Kita tidak akan mendapatkan hasil yang BERBEDA jika setiap saat kita melakukan hal yang SAMA.


Blue ocean mendorong praktisi MLM untuk memasuki ( menciptakan) sebuah arena pasar baru yang potensial, dengan cara menawarkan fitur produk dan layanan yang DIFFERENCE sehingga tidak diperlukan “adu otot” untuk memperebutkan pasar karena produk dan layanan yang ditawarkan memang BERBEDA. Difference. Tiada tanding, tiada banding ;-)


REPOT BANGET jika kita harus “berdarah-darah” memperebutkan pasar yang sama. Dengan menawarkan produk yang sama, dan memakai cara yang sama. Jika ini yang dilakukan oleh praktisi MLM, maka acapkali yang terjadi adalah pertarungan yang berdarah-darah untuk merebut calon prospek atau “membajak” member dari MLM lain, bahkan “membajak” member dari cross line :-(


Untuk sahabat – sahabat yang memiliki keinginan untuk mengetahui atau memperdalam BLUE OCEAN STRATEGY dapat pergi ke “paman” GOOGLE dan tinggal mengetik kalimat “Blue Ocean Strategy” sebagai Key Word. Lumayan lah … sekian banyak situs tentang BLUE OCEAN akan dengan mudah ditemukan dan tidak ada salahnya untuk membaca tulisan BLUE OCEAN sambil menikmati kopi hangat di pagi hari …

CIPTAKAN "market" yang belum ada ...
Buatlah Competitor menjadi IRRELEVANT dengan membuat diri kita DIFFERENCE
LEPASKAN ikatan VALUE dan COST

Jika anda adalah praktisi MLM yang mendistribusikan produk-produk kecantikan, Akan sangat baik jika PRODUK kecantikan yang dipasarkan adalah suatu produk yang DIFFERENCE, yang BERBEDA dan TIDAK ADA di pasaran umum, yang bermanfaat nyata (DEMONSTRATED), sehingga membuat competitor IRRELEVANT dan ketika produk yang dipasarkan benar - benar DIFFERENCE dan DEMONSTRATED, maka distributor tidak perlu melakukan perang harga. :-)

Semoga Bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa
putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691
http://www.likalikumlm.blogspot.com