about me I

Sabtu, 27 Februari 2010

Manfaat Emosional ...


Teknologi Informasi telah menjadi bagian kehidupan sehari - hari. Alamat e-mail, Web dan nomor handphone selalu tertera di setiap kartu nama. Tekhnologi Informasi tidak hanya membuat hubungan antar manusia menjadi semakin personal, namun juga semakin EMOSIONAL.

DAHULU KALA ...

Satu nomor telepon dipakai rame-rame...

SAAT INI ...

Satu orang bisa memiliki beberapa nomor handphone dan beberapa alamat email ... :-)

DAHULU KALA ...

kata "INTERNET" diasosiasikan sebagai sebuah teknologi yang rumit dan hanya dimengerti oleh "ahli komputer" ...

HARI INI ...

Anak SD Pun sudah bisa chatting, sharing musik, photo dan "curhat" lewat Internet. Bahkan anak SD Pun sudah banyak yang memiliki situs pribadi !

Perkembangan teknologi telah menghilangkan hambatan jarak dan waktu. Semua ekspresi EMOSIONAL dapat diungkapkan dengan biaya yang lebih murah dan mudah.

Mengungkapkan Cinta, Marah, Sedih dan Bahagia bisa dengan mudah dilampiaskan lewat SMS !

***

APA RELEVANSINYA DENGAN DUNIA MLM (Multi Level Marketing) ?

Tentu saja sangat relevan. Sebagai praktisi MLM kita tidak bisa hanya menjual 'mimpi dan harapan' yang tidak jelas juntrungannya. Karena ketika hal itu tidak TERBUKTI, maka para member akan TERBAKAR emosinya dan akan MENCERITAKAN kekecewaan mereka dan mengekspresikan kekecewaan itu lewat berbagai media ; SMS, facebook, twitter, email, YM bahkan mereka rela membuat situs untuk MELUAPKAN emosi mereka ... :-O

Tentu saja sangat relevan. Sebagai praktisi MLM kita tidak cukup hanya menawarkan "kecanggihan" dari sebuah PRODUK, namun juga ditantang untuk MEMBERI MANFAAT EMOSIONAL yang LEBIH TINGGI dari suatu produk yang kita tawarkan.

Jika seorang praktisi MLM memiliki produk ANTI AGING, Maka yang harus dilakukan tidak cukup hanya dengan sekedar menawarkan produk layaknya menjajakan rokok di atas bus kota. Tidak hanya sebatas menjual slogan "Tua itu PASTI, AWET MUDA itu pilihan" ... Manfaat EMOSIONAL produk Anti Aging bisa juga diekspresikan dengan cara yang sangat sederhana antara lain :

" Setelah memakai produk ini, ISTRI saya menjadi tampak lebih cantik dan saya semakin sayang padanya ... "

"Ibu saya sampai menangis haru ketika mendapati wajahnya kembali tampak muda seperti 10 tahun yang lalu !"

"Tadinya saya tidak peduli pada perawatan wajah, namun anak saya bilang : 'wajahnya dirawat dong, biar nggak malu kalau jalan bareng ...' Setelah beberapa saat memakai produk ini, anak saya bilang pada saya : " Tahu nggak ? Masa kita dikira kakak beradik !" ;-)

MANFAAT EMOSIONAL.....

Prospek kita jauh lebih senang dengan suatu produk yang kita tawarkan dengan pendekatan pemasaran yang LEBIH EMOSIONAL dibanding hanya menonjolkan "kecanggihan" nya.

Prospek kita lebih senang "didekati" dengan sentuhan personal dibanding hanya mendengar sekian banyak 'rayuan klasik dan generik' yang sering diucapkan oleh seorang penjual obat kaki lima yang bercerita dengan semangat '45 tentang "keajaiban produk" dengan suara nyaris tanpa jeda, kepada sekian banyak orang yang mengelilinginya.

Sebagai distributor PRODUK yang didistribusikan dengan sistem Multi Level, kita harus memiliki pengetahuan tentang sejauh mana sebuah produk dapat MERESPON gaya hidup target market kita.

Untuk mampu menjual produk, kita harus memiliki mental lebih dari mental seorang 'sales man' ... kita ditantang untuk mampu menjadi seorang "Personal Consultant" yang bisa memberi SOLUSI pada prospek untuk dapat MENGEKSPRESIKAN EMOSI nya ...

Jika hal ini bisa dilewati, urusan harga tidak lagi menjadi nomor satu.

Manfaatkan perkembangan tekhnologi informasi untuk mengembangkan bisnis MLM dengan sentuhan PERSONAL dan dengan mengedepankan manfaat EMOSIONAL pada calon prospek Anda.

Semoga Bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa
putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691
http://www.likalikumlm.blogspot.com