about me I

Minggu, 24 Januari 2010

Oleh - Oleh Dari Bugis


"Resopa Temamangingi namalomo naletei pammase Dewata "

Hanya dengan perjuangan dan kerja keras yang terus menerus akan mendapat ridha dari Tuhan yang maha esa "

"Oleh - oleh" ini saya dapat tadi pagi dari seorang sahabat baru dari Bugis. Sebuah rangkaian kata yang bermakna sangat dalam dan sangat releven dengan dunia Multi Level Marketing (MLM).

Mari kita cermati secara perlahan, menurut falsafah di atas, "perjuangan" dan "kerja keras" itu tidak ada relevansinya dengan "rumah mewah", "mobil mewah" atau "jalan-jalan ke luar negeri". "perjuangan" dan "kerja keras" itu dilakukan semata - mata untuk mendapat ridho dari Tuhan. Pendek kata Tuhan sangat menyukai ummat Nya yang mau berjuang dan mau bekerja keras, artinya Tuhan "kurang berkenan" pada ummat Nya yang hanya hidup bermalas - malasan, Tuhan kurang berkenan pada manusia yang hanya bisa berkhayal dan bermimpi, manusia-manusia yang hanya ingin enak nddak mau susah, pengen serba instant, serba "ngegampangin", cuma bisa ngomong doang, cuma bisa "jingkrak-jingkrak " nddak karuan.

Mari kita lihat sejenak, apa yang diajarkan oleh sekian banyak leader MLM abal-abal : Mereka senang pamer-pamer harta, pamer-pamer mobil, pamer-pamer rumah, pamer - pamer rekening tabungan dan dengan semua itu mereka berhasil membuat ribuan orang histeris, berteriak, jingkrak-jingkrak dan bertepuk tangan dengan riuh rendah seolah-olah semua itu sangat amat penting dan lebih penting dibanding ridho dari Tuhan yang maha kuasa.

Tuhan tentu saja tidak melarang ummat Nya untuk kaya raya dan kuat secara ekonomi, namun Tuhan mengingatkan bahwa semua itu harus didapat dengan cara yang baik dan benar, dengan cara yang diridhoi Nya. Bukan dengan cara berleha-leha dan "ngegampangin" masalah dengan berkata : "Ini bisnis gampang !", "Ini bisnis tanpa modal !" ,"Ini bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja !" , "Ini bisnis bisa membuat orang kaya raya dalam tempo singkat !", "Sudah ! Jangan banyak mikir ! yang penting action ! Action !"

Ber MLM ria jelas bukan pekerjaan gampang, jelas butuh modal, bisnis ini tentu saja tidak cocok untuk semua orang, bisnis ini terbukti telah melahirkan sekian banyak orang-orang yang gagal dan terpuruk yang jumlahnya sangat amat jauh lebih besar dibanding dengan yang benar-benar berhasil dalam arti sejahtera secara material. Bisnis ini bukan bisnis instant, perlu proses, perlu perjuangan, perlu kerja keras, perlu pemikiran yang matang sebelum bertindak, dan yang pasti, meskipun kita sudah berjuang dan bekerja keras, tidak ada seorangpun yang bisa menjamin kapan seseorang akan berhasil mendapat bonus yang besar, rumah yang bagus dan mobil yang mengkilap. Pada faktanya, banyak orang yang telah berjuang dan bekerja keras seumur hidupnya, namun mereka tidak kunjung kaya. Kenapa ? Karena untuk masalah "hasil", Tuhan lah yang menentukan. Bukan manusia.

Falsafah dari Bugis ini ingin menyampaikan pesan kepada kita bahwa yang penting itu kita BERJUANG, yang penting itu kita BEKERJA KERAS dan yang penting itu adalah mendapat ridho Tuhan. Yang penting itu prosesnya, bukan hasilnya. Untuk apa punya mobil bagus dari hasil tipu menipu ? Untuk apa punya uang banyak dari hasil membohongi orang lain ? Untuk apa memiliki rumah yang besar dan bisa bepergian ke luar negeri jika semua itu didapat dari hasil mencuri ? Untuk apa menjadi "top leader" jika harus menyebabkan sekian banyak orang kecewa dan merugi.

Yang penting itu prosesnya. Karena Tuhan hanya mewajibkan kita untuk BERJUANG dan BEKERJA KERAS dan Tuhan tidak pernah mewajibkan kita untuk berhasil.Tuhan tidak pernah membuat syarat bahwa manusia harus punya mobil mewah atau rumah mewah agar bisa masuk surga. Tuhan hanya mewajibkan ummatnya untuk beriman dan beramal shaleh sehingga memberi manfaat kepada manusia- manusia lainnya. Saling memberi manfaat nyata, bukan saling merayu dan menipu, saling memberi manfaat nyata, bukan mengobral sekian banyak janji dan harapan yang belum tentu dapat terpenuhi.

Keberhasilan kita dalam meraih hal-hal yang bersifat material itu percis seperti kita mengejar kupu-kupu. Semakin dikejar, kupu-kupu itu semakin di luar jangkauan. Akan tetapi jika kita FOKUS pada prosesnya, jika kita konsisten terus berjuang dan terus bekerja keras, Tuhan sendiri yang berjanji bahwa PASTI "kupu-kupu" itu akan datang dan hinggap dengan lembut di bahu kita. "Mintalah kepadaku, PASTI Aku kabulkan", "Tuhan TIDAK AKAN merubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak BERJUANG dan BEKERJA KERAS untuk merubahnya". Demikian beberapa "statement" Tuhan kepada manusia.

Resopa Temamangingi namalomo naletei pammase Dewata ". Terlepas dari apakah pada akhirnya kita akan menjadi "top leader" atau tidak. Terlepas dari apakah kita akan "kaya raya" atau tidak, selama kita ber MLM ria dengan mematuhi aturan Nya, dengan penuh semangat, terus menerus BERJUANG dan BEKERJA KERAS, maka PASTI Tuhan akan meridhoi apa yang kita kerjakan.

Bukankah hal fundamental yang kita cari dalam hidup ini adalah keridhoan Nya ?


Mari kita jalankan bisnis ini dengan penuh sukacita dan tanpa beban :-)

Tetaplah BERJUANG
Tetaplah BERBUAT lebih BAIK
Tetaplah BERDOA.

Semoga Bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa
putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691
http://www.likalikumlm.blogspot.com