about me I

Minggu, 12 April 2009

DISTRIBUTOR SIMBOLIK

DISTRIBUTOR SIMBOLIK

Dalam tulisan terdahulu, kita sudah membahas tentang kriteria distributor yang masuk kategory "Statistik". Kali ini kita akan membahas tentang kelompok distributor yang satu level lebih tinggi, yaitu Distributor Simbolik.

Selain telah resmi terdaftar sebagai member, distributor dalam kategory simbolik juga telah mulai belajar berbelanja dan belajar mengajak orang lain.

Fase ini adalah fase yang sangat rawan. Kenapa ?

Dalam fase ini, sang distributor benar-benar menjalankan bisnis ini secara "emisional". Kalau ada pertemuan besar "tereakannya" paling kenceng, joget-joget, dengan siapapun bertemu selalu berteriak "Luarrr biasa !!!" ;-)

Tidak hanya itu, ia merasa MLM nya paling "OK". Pokoknya ini yang paling bagus, MLM lain jelek ! Kalau ditanya "Kenapa ?" Paling banter ia cuma "cengengesan" dan berkata lantang : "Pokoknya MLM gue yang paling bagus ! MLM loe jelek ! Makanya pokoknya ikutan gua dah ! Pokoknya ... bla..bla..bla... Pokoknya...bla..bla..bla... ;-)

Meskipun semangat mereka dalam kondisi "puncak", tapi distributor dalam kategory ini masih sangat amat bergantung pada pihak lain (baca Up-Line). Makanya jangan heran kalau dikit-dikit ia akan bilang " Kata Up-Line saya .... Upline saya bilang ... Up -line saya sudah dapat anu ..anu... ", "Nanti saya kenalkan ke Upline saya .... Upline... Upline... )

Ibarat "Mualaf" mereka baru memiliki kemauan dan semangat namun masih memerlukan banyak bimbingan danpembinaan .

Distributor MLM seperti ini, jika tidak dibina dengan baik, akan dengan mudah "turun peringkat" kembali menjadi distributor statistik atau akan dengan mudah berpindah - pindah perusahaan tanpa reason yang jelas. Mereka akan dengan mudah digiring untuk berpindah ke MLM yang "lebih mudah", "Lebih baru".

Dalam hal tertentu, distributor dalam kategory ini cenderung belum mampu mengaktualisasikan diri sebagai distributor MLM yang independent. Alih-alih sebagai distributor yang "Positif" hal ini malah berpotensi merusak kredibilitas perusahaan karena mereka cenderung emosional, terburu-buru, merayu ... mengagung-agungkan up - line ...

Semoga bermanfaat
Putu Djajadiwangsa
Galpanic Spa Distributor
putudjajadiwangsa@gmail.com
http://www.likalikumlm.blogspot.com
http://www.oneteamglobal.com
+62 817 42 1691