about me I

Minggu, 12 April 2009

Dunia MLM itu "Sempit"

Seorang sahabat berkata kepada saya : "Bisnis MLM itu "Sempit". Bisa jadi karena satu dan lain hal saya keluar dari dunia MLM yang sekarang sedang saya geluti. Pada saat yang sama, kompetitor saya juga berhenti dari MLM yang hari ini sedang ia geluti, kemudian ... kami sama - sama bergabung di MLM yang baru. Who Knows ? ;-)

Bangga dan Cinta pada perusahaan MLM yang hari ini sedang kita tekuni tidak perlu membuat kita gelap mata sehingga dengan mudahnya kita "menyerang" MLM lain dan mengatakan bahwa MLM tersebut "jelek". Kebanggaan dan kecintaan kita pada MLM yang sedang kita tekuni hari ini mudah - mudahan bukan sekedar bangga tanpa alasan, atau bukan sekedar "Cinta Buta".

Dalam ber MLM ria, berbicara jujur dan apa adanya jauh lebih baik. Jika kita bicara apa adanya, sesuai dengan realita, didukung oleh fakta, maka tentu saja kita tidak bermaksud "Membagus - baguskan" atau "Menjelek-jelek kan" akan tetapi yah ... itulah adanya. Masalah orang lain jadi suka atau nggak suka, jadi memuji atau marah-marah, itu urusan belakangan. Yang penting kita jujur. Kita nggak mau bohong gara-gara pengen dipuji, kita nggak mau bohong gara-gara nggak mau dibenci. ;-) kita nggak mau ngebohongin orang banyak gara - gara ngidam mercy ;-)

Meskipun hari ini kita berada di perusahaan yang berbeda, meskipun saat ini kita berpendapat beda, meskipun sekarang kita sepakat untuk tidak sepakat akan tetapi kita sepakat bahwa "sepanas" apapun kita beradu argumentasi dengan sahabat-sahabat kita di dunia  MLM, hal ini tidak boleh merembet menjadi dendam pribadi ;-)

Dunia MLM memang sempit. Indah rasanya jika suatu saat kita bertemu teman lama kita tetap berangkulan meskipun kita berada di MLM yang berbeda.

Semoga bermanfaat.


Putu  Djajadiwangsa.
Founder  : www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail