about me I

Senin, 06 April 2009

Mawar Merah

Mawar Merah

Pagi ini ada "Surprise" ketika saya melongok ke halaman depan. Di sana, di samping kolam ikan, ada dua kuntum Mawar merah diselimuti bintik-bintik embun yang sesekali berkilau diterpa sinar mentari pagi. Subhanallah ... Indahnya.

Salah satu hobi saya adalah berkebun :-), berkebun bukan hanya sebatas aktifitas Menenem dan menyiram tanaman, lebih dari itu ... sebagai pecinta tanaman, kita akan merawat tanaman yang kita cintai dengan sepenuh hati.

Kenikmatan berkebun - menurut saya - terletak pada proses berkebun itu sendiri : Ngorek-ngorek tanah, "Ngajak ngobrol" tanaman, disamping menyiram , memupuk dan memangkas ranting-ranting yang sudah mulai mengering. Masalah kemudian tanaman itu kemudian berbunga ... itu masalah "bonus" yang tidak bisa terelakkan ;-) itu nggak lebih dari sebuah akibat.

ooOoo

Dalam kaitannya dengan MLM, MLM -bagi saya - sama halnya dengan berkebun. Ini adalah "Hobi" yang menyenangkan. Ber - MLM - ria bukan sekedar belanja produk dan ngajak orang untuk melakukan hal yang sama. Lebih dari itu ...merawat dan membangun jaringan adalah kenikmatan tersendiri. Jatuh bangun dalam membangun jaringan itumah biasa ... percis kayak kita maen sepak bola saat ujan gerimis .... dikit-dikit jatuh ... dikit - dikit jatuh ... tapi asyik ;-)

Kenikmatan ber-MLM-ria -bagi saya - terletak pada prosesnya ; Menyaring bibit-bibit unggul, memberi motivasi dan membimbing dengan sepenuh hati ... menjaga jaringan agar tetap sehat dan bersemangat adalah kenikmatan tersendiri. Sedangkan masalah "Bunga Deposito" atau hadiah berupa berbagai materi, itumah nggak lebih dari sekedar bonus ... merupakan akibat.

Kapan jaringan kita dalam bisnis MLM akan mulai berbunga dan berbuah ? Tentu saja tidak seperti bunga Mawar apalagi seperti pohon Toge yang hari ini ditanam kemudian besok-besok bisa langsung dipanen ;-) Mungkin jaringan kita baru berbuah seperti pohon Manggu .... yang baru berbuah setelah menginjak usia 10 tahun. Mungkin seperti pohon kelapa atau pohon duren yang perlu waktu bertahun - tahun ...

Yang penting - bagi saya - bukan "kapan", akan tetapi "bagaimana" kita merawat jaringan kita agar tetap tumbuh dari waktu kewaktu.

Saya menikmati hobi saya dalam hal berkebun sebagaimana menikmati MLM.

ooOoo

Subhanallah... Mawar itu bener-bener indah ! Cantik Nian (Begitu orang Sumatera bilang). Konon, Tuhan itu indah dan menyukai keindahan ... Konon Tuhan tidak melihat hasil dari suatu pekerjaan yang dilakukan manusia, namun Ia hanya melihat dan menilai prosesnya.... Karena pada akhirnya, hanya Dia lah yang berkenan membuat Mawar itu mekar ... Meskipun kita lah yang setiap hari merawatnya.

Tuhan memang selalu menepati janjinya. Konon, Manusia hanya akan memetik apa yang telah ia tanam.

Mawar itu begitu Indah ...

Berwarna merah muda, diselimuti titik - titik embun yang berkilau seperti permata (baca ; Diamond ;-)

Putu Djajadiwangsa@gmail.com
http://www.likalikumlm.blogspot.com
+62 817 42 1691