about me I

Senin, 02 November 2009

Mengapa Mesti Pamer Harta ?


MEDIO 1999 saya mengikuti sebuah "Seminar Sukses" yang diadakan oleh sebuah Support System MLM. Ditengah hiruk pikuk dentuman musik yang bersuara keras, riuh rendah sorak - sorai dari ribuan penonton, akhirnya sang "top leader" naik ke atas panggung. Jingkrak - jingkrak, ketawa - ketawa Cengengesan, kemudian mulai bercerita tentang bagaimana ia memulai bisnis MLM nya ( Multi Level Marketing).
Di akhir acara kemudian tampil beberapa Slide tentang beragam materi yang telah dimiliki. Mobil mewah, rumah megah, lengkap dengan beberapa photo saat sang leader liburan ke luar negeri. Hal ini tentu saja disambut histeris oleh ribuan member ! Ribuan manusia yang memiliki "impian" suatu saat bisa "sukses" seperti sang Leader yang berdiri di panggung itu.

***

Mengapa Mesti Pamer Harta ?

Mengapa sampai detik ini sekian banyak acara- acara "Sukses Seminar" yang diadakan oleh para leader MLM (Multi Level Marketing) SELALU diisi dengan Pamer Harta ? Pamer mobil mewah ... pamer rumah mewah ... pamer "Kapal Pesiar", Pamer rekening tabungan ...sehingga ribuan orang terbius dan terobsesi bisa hidup "enak", "Bermalas-malasan" karena suatu saat nanti bisnis MLM ini akan tumbuh layaknya seperti "Pohon Duit". :-(


Hidup ini seringkali aneh ... OTAK yang dikaruniakan oleh Tuhan kadang tidak bisa menerjemahkan Fenomena Apa sebenarnya yang terjadi di dunia MLM (Multi Level Marketing) Indonesia ...

Jika Kemarin, hari ini atau esok bertemu dengan Leader MLM yang hobby pamer mobil, pamer rumah, atau pamer buku tabungan di depan para membernya ... hal ini mesti kita waspadai. Memangnya MLM tersebut Dealer Mobil ? Developer Rumah ? :-(

Kalau suatu MLM jualan Suplement, Logikanya mereka akan MEMAMERKAN HASIL NYATA dari produk yang mereka distribusikan dunk ! Cara MEMAMERKAN produk Suplement pasti tidak dengan cara jingkrak-jingkrak di samping Mobil mewah, atawa jumpalitan di atas panggung sambil PAMER Rumah Mewah.

Untuk MEMBUKTIKAN SECARA NYATA manfaat dari Suplement cara yang WARAS adalah dengan Pembuktian secara Science, Periksa ke Laboratorium, Atau paling tidak, konsultasikan dengan ahlinya. ( baca : Dokter )

Akan tetapi ... mengapa sampai saat ini masih banyak orang-orang yang hobby banget datang ke pertemuan, menghadiri "Seminar - Seminar" KONYOL, nonton KETOPRAK ! Dimana ada sekian banyak BADUT di atas panggung bercerita tentang "Nirwana", pamer harta, pamer mobil mewah, rumah mewah dan berkarung-karung duit ?


Coba kita berpikir dengan tenang. Kita lihat REALITA ... dari 1000 orang yang ikut MLM, ada berapa banyak sih yang mendapat komisi ratusan juta per bulan, Rumah mewah dan mobil mewah ? 10% ... ? 1% ... ? 0.1 % ? 0.01 % ?

Mending kalau produk MLM yang dibeli tiap bulan itu bermanfaat dan harganya wajar. Trus, apa kira - kira yang akan dirasakan oleh Ratusan Ribu Member MLM yang tidak kunjung "kaya raya" padahal selama bertahun-tahun mereka MEMAKSAKAN DIRI belanja produk yang tidak jelas juntrungannya ? Kecewa.

Leader MLM abal-abal bisa saja kaya raya karena mereka memiliki talenta dalam memobilisasi massa dan membangun opini serta pandai "mencuci otak". Akan tetap apakah kekayaan seperti itu yang kita inginkan ?

Untuk apa kita tinggal di rumah mewah, wara-wiri pakai mobil mewah, punya duit melimpah, jika kita harus membuat sekian banyak manusia lain kecewa ?

Tugas pokok distributor MLM itu adalah mendistribusikan produk yang bermanfaat yang dijual dengan harga yang wajar. BUKAN pamer harta.

Semoga bermanfaat


Putu Djajadiwangsa.
Blog Master : http://www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail
+62 817 42 1691 SMS