about me I

Selasa, 24 November 2009

Kisah Iskandar Zulkarnaen


KONON : Iskandar Zulkarnaen membakar kapal nya sendiri supaya pasukan yang dipimpinnya nggak kabur! Sehingga hanya ada dua pilihan bagi pasukannya : Menang atau Mati !

Kisah ini sedemikian membekas dalam ingatan saya. Kisah ini diceritakan oleh seorang leader MLM di tahun 1999 kepada saya. Begitu DAHSYAT nya efek dari cerita ini sehingga saya kemudian berani "membakar perahu" saya agar hanya tersisa dua pilihan : "Sukses di dunia MLM atau "mati" ! Tanggal 12 Desember 1999 saya benar-benar "membakar perahu" saya. Saya keluar dari pekerjaan yang saya tekuni saat itu sebagai staff MIS (Management Information System) di sebuah perusahaan Multi Nasional yang jelas-jelas telah memberi saya penghasilan yang cukup, pengalaman beberapa kali keluar negeri dan bisa memiliki rumah dan mobil meskipun sederhana.

Beberapa menit yang lalu, seorang member saya dari Medan meminta pendapat saya. Ia sudah sangat yakin dan menyukai pekerjaannya sebagai Distributor MLM meskipun komisinya belum besar dan ia berniat untuk 100% fokus di bisnis ini, ia berhasrat untuk "membakar perahu" yang lain. Saya menjawab : "Jangan tergesa-gesa ... coba shalat istikharah dulu ...."

Kita boleh - boleh saja memiliki KEYAKINAN akan berhasil di bisnis MLM akan tetapi KEYAKINAN saja tidak cukup. Kita juga harus benar-benar mampu melakukannya, ini berbicara tentang KOMPETENSI. Keyakinan dan Kompetensi adalah dua hal yang MUTLAK diperlukan dalam bisnis apapun, termasuk dalam ber - MLM - ria.

Akan sangat baik jika pada tahap awal bisnis MLM (Multi Level Marketing) dikerjakan secara part time. Sambil terus belajar agar kita semakin kompeten karena kompetensi memang pada akhirnya akan kita dapatkan setelah kita terus menerus belajar dan belajar dengan cara praktek langsung. Dengan cara MELAKUKAN. Jangan lupa, kelebihan dari bisnis MLM adalah : Bisnis ini dapat dikerjakan "kapan saja" dan "di mana saja". -- Jadi --- mengapa harus meninggalkan pekerjaan yang sudah jelas-jelas menghasilkan uang setiap bulan ? Mengapa harus meninggakan status "karyawan" ?

Hal ini akan sangat aman karena ketika "perahu" MLM belum bisa dijadikan pegangan, kita masih memiliki "perahu lain" yang relatif lebih pasti menghasilkan uang setiap bulan. Sejelek apapun kondisi di tempat pekerjaan pada saat ini, jalani saja ... nikmati saja. dan jadikan itu sebagai motivasi yang sangat kuat untuk segera "mapan" di bisnis MLM sehingga suatu saat kita bisa meninggakan pekerjaan yang tidak kita sukai hari ini dengan cara yang aman.

KEPASTIAN adalah sesuatu yang orang cari dalam hidup ini. Sebagai seorang karyawan paling tidak akan relatif lebih pasti mendapat gaji setiap bulan pada tanggal tertentu dengan jumlah tertentu. Jangan tanggalkan "kepastian" ini sebelum MLM memberi penghasilan yang jauh lebih besar dan jauh lebih pasti.

Pada tahap-tahap awal, jalankan MLM dengan part time tapi Full Heart. Inilah cara paling aman dalam menjalankan bisnis MLM di masa-masa awal. Jangan ingin cepat kaya atau cepat berhasil karena hukum alam SELALU berbicara tentang proses yag sistematis dan berkesinambungan. Tidak pernah ada pohon kelapa yang kita tanam hari ini kemudian besok pagi TIBA-TIBA tumbuh tinggi dan berbuah lebat :-) Tidak perlu membakar perahu seperti yang dilakukan oleh Iskandar Zulkarnaen karena ini adalah bisnis, bukan perang ;-)

Nikmati perjalanan ber - MLM - ria setapak demi setapak secara bertahap dan berkesinambungan sampai tiba saatnya.

Keep it simple and Fun :-)



Semoga bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa.
www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail
+62 817 42 1691 SMS