about me I

Minggu, 20 Desember 2009

Bisa Baca Tulis Tapi tak bisa Berkomunikasi (OBK)


Saya memiliki pengalaman menarik di sebuah "Forum Diskusi MLM (Multi Level Marketing)" di Internet. Ada beberapa orang yang dapat menulis dengan sempurna tetapi tidak mengerti tulisan yang mereka tulis. Beberapa orang memang terlihat mempunyai kemampuan "menulis" tetapi tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

Orang-orang seperti ini dapat disebut dengan istilah "OBK" (Orang-orang Berkebutuhan Khusus). OBK ini adalah pangsa pasar empuk MLM abal-abal. OBK Ini memiliki banyak kesulitan dalam kehidupan, mereka tidak/belum dapat menyatakan apa yang dia inginkan lewat bahasa lisan dan tulisan (beberapa diantaranya malah tidak memiliki keinginan dan kemauan yang jelas dalam hidupnya). Ketidakmampuan untuk berbicara dan menulis dengan baik, seringkali menjadi CIRI UTAMA dari OBK.

Kemampuan Berbicara, menulis dan kemampuan komunikasi merupakan keterampilan yang terpisah. Berbicara adalah kemampuan untuk mengeluarkan suara dengan benar dan menyusun suara itu bersama sehingga mengalir mudah menjadi suara dan irama yang benar. Demikian pula dengan menulis. Menulis adalah kemampuan untuk merangkai Huruf dengan benar sehingga menjadi kata dan kemudian dirangkai menjadi sebuah kalimat dan paragraf. Pendek kata, bahasa adalah sistem komunikasi yang mencakup perbendaharaan kata dan tatabahasa.

Apa hubungannya dengan MLM (Multi Level Marketing) ?

Mari kita lanjutkan ... :-)

Komunikasi adalah menyampaikan Informasi. Kita memerlukan keterampilan komunikasi lebih baik untuk menawarkan sebuah produk atau sebuah ide bisnis. Kita memerlukan kemampuan komunikasi yang baik untuk mengajak orang lain, kita memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik untuk menyampaikan pesan-pesan , sehingga maknanya jelas.

KETIDAKMAMPUAN para OBK (Orang-orang Berkebutuhan Khusus) inilah yang dimanfaatkan dengan "sadis" oleh sebagian besar pelaku MLM "Abal-abal" (money game) yang hobi menjual mimpi dan harapan palsu dengan kamuflase berbagai produk yang tidak jelas juntrungannya.

Beberapa sahabat praktisi MLM yang keterampilan komunikasinya LEMAH dapat dicoba untuk dihubungkan dengan prilaku Agresif seperti : Senang bersorak-sorai dan berteriak-teriak histeris saat melihat mobil dan rumah mewah, senang bertepuk tangan dan jingkrak-jingkrak saat melihat rekening tabungan orang lain, "memusuhi" orang-orang yang tidak sependapat dengannya, secara fisik mereka tidak segan-segan untuk menendang, memukul,menusuk, menebas, membacok .... dalam kultur "diskusi secara tertulis di dunia maya ( internet )" LEMAH nya kemampuan komunikasi juga dapat terlihat dari tulisan-tulisan yang kehilangan makna. Hanya "menyerang" secara "Agresif" tanpa pijakan yang jelas, tanpa solusi yang ditawarkan, tanpa memberi alternatif yang lebih baik.

Demikian pula dengan seorang OBK Berat. kemungkinan tidak mempunyai bahasa. mereka "meraung", mereka "mendesis", mereka "Bergumam" . Mereka "mengamuk" , Menendang, Menerjang ... :-(

Berbicara dan menulis menjadi kegiatan yang sulit bagi OBK ( Orang Berkebutuhan Khusus) . Para kaum OBK ini perlu banyak dorongan, perlu banyak motivasi. Oleh karena itu mereka selalu menjadi bagian dominan secara kuantitatif di acara-acara "seminar sukses" yang diadakan oleh MLM abal-abal ... peran mereka PERCIS seperti para "Simpatisan Bayaran" dalam kampanye-kampanye partai politik yang rela berteriak-teriak, rela jingkrak-jingkrak, rela kepanasan dan keringatan ..hanya untuk sebungkus nasi dan selembar uang lima puluh ribuan tanpa mengerti apa itu politik dan apa itu partai politik .. :-( Mereka adalah Masa Alienatif ... masa yang besar jumlahnya secara kuantitatif ... namun tidak memiliki "nilai" bahkan dalam berbagai hal pada akhirnya mereka seringkali menjadi pihak yang dirugikan ... pihak yang "dikibulin" ...pihak yang "dikorbankan" ...

Para kaum OBK adalah saudara kita. Adalah KEWAJIBAN KITA agar mereka terhindar dari sekian banyak upaya penipuan dan pembodohan. Adalah tugas kita untuk berbagi kasih dengan mereka, karena terlepas dari kelemahan komunikasi yang mereka miliki, pada dasarnya mereka adalah manusia sempurna yang diciptakan oleh sang Maha Sempurna. Tuhan tidak menciptakan manusia dalam kondisi yang sama, namun TUHAN telah memberi manusia dengan beragam potensi dan kelebihan yang BERBEDA.

Saya mengenal sekian banyak sahabat yang tulus dan berhati bersih MESKIPUN mereka tidak dapat menuangkan ide dan pemikiran mereka lewat tulisan dan kata-kata ...namun saya bisa melihat ketulusan itu di dalam sinar matanya ... di dalam setiap gerakannya ...mereka hidup apa adanya dan mampu menempatkan doa dan rasa syukur di atas segala kekurangan (materi) yang mereka hadapi ... saya yakin ...sangat yakin ...Tuhan mencintai mereka.

Karena kita mencintai Tuhan dan berharap dicintai oleh NYA, maka kitapun HARUS mencintai kaum "OBK" sebagai perwujudan kecintaan kita kepada NYA.

Kecintaan itu tidak perlu dengan banyak konsep dan teori ...

JANGAN tawarkan mereka mimpi dan harapan yang tidak mungkin dipenuhi ...
JANGAN rayu mereka untuk kepentingan pribadi ...
JANGAN manfaatkan mereka untuk ketamakan materi ...
JANGAN pamerkan harta dan tahta yang anda miliki dihadapan mereka yang kekurangan ...

BANTU mereka dengan setulus hati ...

Saya melihat dengan mata dan kepala saya sendiri ... ternyata masih ada sebagian kecil leader MLM yang BERBUAT KEBAIKAN dengan BANTUAN NYATA tanpa banyak bicara ...

lets be a FORCE For GOOD !!!

Tetaplah Berjuang
Tetaplah Berbuat Baik
Tetaplah BERDOA

Semoga Bermanfaat

Putu Djajadiwangsa.
www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail
+62 817 42 1691 SMS