about me I

Kamis, 17 Desember 2009

Momentum Tahun Baru


“GOD will not change the condition of a people, until they change what is within themselves.” (QS 13:11). Tuhan secara implisit memberi otoritas kepada kita agar BERJUANG sekuat tenaga mengerahkan segala potensi yan kita miliki untuk BERBUAT BAIK demi kehidupan yang LEBIH BAIK.

Dalam konteks "tahun baru" di mana hari pertama tahun baru hijriah 1430 yang berdekatan dengan tahun baru masehi 2009, hal ini bisa dimaknai sebagai simbol kebersamaan antar umat beragama untuk bersama-sama menebarkan kebaikan.

Pergantian waktu satu tahun memiliki makna bahwa kesempatan hidup kita di dunia berkurang pula satu tahun. perbuatan baik apa saja yang telah kita perbuat yang bisa kita "laporkan" kepada Tuhan di tahun lalu ?

Tahun baru seyogyanya kita isi dengan "semangat baru", diantaranya adalah dengan semangat untuk meninggalkan sekian banyak keburukan (Q.S: 74;5), menjauhi hal-hal yang tidak baik dan merusak. Tidak sedemikian mudahnya menebar sekian banyak janji dan harapan yang belum tentu dapat dipenuhi. Tidak menipu dan merayu orang lain dengan "menjajakan" impian semu. Hidup dengan penuh kewajaran dan kesabaran dan selalu bersyukur dengan apa yang telah Tuhan berikan.


Tahun baru seyogyanya kita isi dengan "berpindah tempat". Ini berimplikasi putus hubungan dengan keburukan dan berupaya berpindah ke tempat yang lebih baik.


Berpindah dari suatu kondisi ke kondisi lain yang LEBIH BAIK adalah perintah Tuhan. Dalam konteks MLM (Multi Level Marketing) hal ini merupakan strategi besar yanng dilakukan seorang leader MLM untuk membangun KEKUATAN BARU yang tangguh, membangun Jaringan yang memiliki kemuliaan dan keluhuran mental, spiritual, kultural, maupun ekonomi.

Dalam konteks MLM, para distributor dituntut agar dapat menemukan kembali hukum sebab akibat. Sukses adalah "akibat", dan karena kesuksesan adalah sebuah akibat, maka kesuksesn itu HARUS disebabkan, dalam arti kita harus melakukan sekian banyak upaya yang dapat "Menyebabkan" kesuksesan itu benar-benar terjadi. PERBUATAN BAIK tentu saja merupakan salah satu penyebab utama dalam sebuah kesuksesan yang sesungguhnya dalam bidang apapun.

Rangkaian peristiwa di tahun yang "lalu" ada baiknya untuk dianalisis sampai ditemukan sebab akibat yang mempengaruhi, kemudian digeneralisasi sehingga dapat diterapkan di tahun yang "baru".

"Tahun lalu" bukan catatan 'mati' yang terkubur, melainkan berupa isyarat yang 'hidup' dan terus menyinari dinamika kehidupan kita di tahun yang "baru".

Terdapat beberapa indikasi suatu kehidupan "baru" yang LEBIH BAIK

pertama : Revival of Faith

Daya JUANG, tetap Berjuang ! yaitu kebangkitan moral spiritual melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang sistematis dan berkesinambungan. Hal ini merupakan sebuah penentu sebuah perubahan ke arah yang LEBIH BAIK. Prof Quraish Shihab, pakar tafsir Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menekankan pentingnya makna mental. Menurutnya, makna mental dari (tahun baru) Hijrah adalah SIKAP PANTANG MENYERAH.Tetap berjuang.

Kedua : Revival of Moral

Berhati baik. tetap Berbuat Baik ! Para Nabi berhasil mengubah orde masyarakat, karena mereka menekankan aspek moral (Berahlak BAIK). Sebuah bangsa akan tetap jaya, jika tetap memiliki moral BAIK.

Tanpa moral yang baik, Kekayaan dan kilauan materi yang dimiliki manusia bisa mengarah kepada kehancuran.Terutama kehancuran bagi kemanusiaan itu sendiri,. Tanpa moral yang baik, Kemiskinan dan kekurangan mengarah pada keburukan.Terutama keburukan bagi manusia itu sendiri.


Ketiga : Revival Religious Thought

Beriman. Tetap Berdoa ! Kebangkitan cara berpikir keagamaan (apapun agamanya), akan berdampak pada dimensi yang lebih transenden seperti meninggalkan pengingkaran kepada Tuhan yang maha Baik menuju kepada sikap patuh pada ajaranNya dengan jalan melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan.

Ketika ketiga hal di atas dapat dilaksanakan secara konsisten, maka kita boleh berharap tentang KESEJAHTERAAN yang sesungguhnya : Revival of Social Economic Power.

Tetaplah Berjuang
Tetaplah Berbuat Baik
Tetaplah BERDOA

Semoga Bermanfaat

Putu Djajadiwangsa.
www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail
+62 817 42 1691 SMS