about me I

Senin, 14 Desember 2009

MOMENTUM : Cepat dan Tepat !


Jika anda baru saja memulai menjalankan bisnis di sebuah perusahaan MLM, bagaimana perasaan anda ketika keluar minum kopi bersama seorang teman ... atau apa yang anda rasakan ketika anda bertemu seseorang yang anda kenal di toko ... dan anda berpikir dalam hati "Saya perlu bicara tentang bisnis ini pada orang itu !"

AKAN TETAPI ...

Anda kemudian tidak memiliki keberanian untuk membicarakan bisnis ini kepada orang itu . anda kemudian merasa sangat bersalah karena anda tahu bahwa anda tidak lebih dekat kepada mimpi anda, anda kesal pada diri sendiri karena tidak mencoba untuk menceritakan "hebatnya" peluang usaha / produk kepada "orang itu". :-(

Mari kita bahas pelan - pelan :-).


Jujur saja . Kita semua benci dengan penolakan. Kita semua akan merasa kesal setelah berbicara dengan orang-orang tentang bisnis/ produk kita ternyata orang tersebut malah acuh tak acuh :-( ... itu yang menyebabkan kita berpikir berulang-ulang untuk memulai membicarakan atau menawarkan produk/bisnis ini pada orang lain. Takut ditolak. Takut tidak di - acuh - kan, takut "nddak enak hati" ;-)

Tapi ... saat anda tidak MEMULAI membicarakan bisnis/ produk kepada orang yang kita temui karena "ketakutan" itu, anda pun merasa "kesal". anda tahu ... bagaimana bisa anda berhasil di bisnis ini jika anda tidak berbicara tentang bisnis ini pada orang lain ? Bukankah "keberhasilan harus disebabkan" ? ;-)

Selanjutnya anda akan merasa serba salah. Mau menawarkan pada orang lain, anda nddak berani. Tidak menawarkan pada orang lain, anda tidak mau kehilangan impian anda. Jadi ... bagaimana dunk ? ;-)

***

Banyak dari kita yang berpendapat bahwa berbicara dengan teman baru atau sahabat lama tentang bisnis kita adalah satu-satunya cara untuk mengambangkan bisnis ini.

Apakah pendapat ini benar ?


Apakah orang-orang akan membeli dari orang-orang yang mereka kenal, sukai dan percaya. ?

Benarkah ?

Jika anda pernah menemui beberapa teman lama dan pernah mencoba menawarkan bisnis / produk MLM kepada mereka anda pasti akan tahu bahwa pendapat ini TIDAK SEPENUHNYA BENAR ! (Dari 10 kali anda melakukan hal ini mungkin 10 kali juga anda akan menerima "Penolakan" :-( dan hampir mustahil 10 orang itu langsung mau. Benar ?)

Apakah anda SELALU disambut dengan tangan terbuka oleh setiap teman, anggota keluarga, rekan kerja, dan kenalan anda ketika anda mencoba memprospek mereka ? Tentu saja jawabnya adalah TIDAK !

Apakah mereka dengan gembira mengambil buku cek mereka dan langsung membeli dari anda karena mereka tahu anda atau karena anda seorang teman dari seorang teman?

Mungkin Tidak.

Bahkan, anda mungkin lebih terbiasa dengan pengalaman dihindari atau dijauhi oleh orang-orang saat mereka mengetahui apa motif sebenarnya. Saat mereka mengetahui bahwa anda "terlibat" dalam bisnis M ... L ... M . Itu faktanya.


MENGAPA ADA PERBEDAAN BESAR ANTARA TEORI DAN KENYATAAN ?

Ini karena ...

Direct Selling, Terlepas apakah anda mengenal atau tidak mengenal, Sahabat-sahabat kita akan merasa sangat terganggu ketika kita mencoba menawarkan sesuatu yang tidak mereka inginkan.

Tentu saja, anda akan dengan mudah menemui mereka di rumah mereka karena mereka adalah sahabat - sahabat anda ... akan tetapi tidak peduli apakah anda teman baik mereka atau orang yang tidak mereka kenal, begitu anda "membombandir " mereka dengan produk dan bisnis yang tidak mereka harapkan maka anda akan dipersilahkan untuk menutup pintu dari luar , bahkan, dalam kondisi "ekstrim", anda bisa saja dilempar keluar lewat jendela ! :, -(

LUPAKAN sepenuhnya bahwa anda memiliki hubungan pertemanan dengan mereka. Ini bisnis Direct Selling, tidak ada hubungannya dengan masalah pertemanan.

Malah pertemanan dan persahabatan anda terancam rusak karena siapapun tidak suka dimanfaatkan. Dan itulah apa yang mereka rasakan ketika anda menganggap bahwa mereka akan secara otomatis memberikan uang mereka hanya berdasarkan kenyataan bahwa anda mengenal mereka.

APALAGI jika anda mulai menggunakan beberapa jurus "rayu merayu" , menawarkan Impian dan harapan semu, berbicara tentang "Marketing Plan Ajaib", atau mulai dengan umpan-umpan "Aku hanya ingin kau untuk mengevaluasi apa yang saya lakukan" atau "Saya tidak bisa menjelaskan hal itu, anda hanya harus datang dan melihatnya sendiri" taktik KONYOL yang banyak diajarkan oleh para sponsor mereka.

(Jauh di lubuk hati kita yang terdalam, kita semua tahu secara naluriah bahwa kita TIDAK MAU diperlakukan seperti itu artinya ... jika kita TIDAK MAU diperlakukan "seperti itu", maka orang lainpun tentu saja tidak mau diperlakukan seperti itu. )

Lebih penting lagi ...

Setiap upaya akan sia-sia ketika mereka sudah tidak simpatik pada kita sehingga mereka "tidak mau membeli APAPUN yang kita tawarkan BUKAN karena masalah produknya, BUKAN karena bisnisnya tidak menarik, akan tetapi karena mereka tidak mau berhubungan dengan kita ". :,-(


Ini adalah yang paling penting dan mendasar : "Terlebih dahulu kita harus "disukai" sebelum kita menawarkan "apapun" ".

Orang "normal" tentu saja akan menyukai orang Baik. PERJUANGAN kita di bisnis ini Harus dimulai dengan Niat dan PERBUATAN BAIK. Perbuatan BAIK akan Mengundang Kebaikan, orang baik akan disukai oleh banyak orang, masa depan yang lebih baik hanya bisa diraih dengan terus menerus melakukan kebaikan. Kita tidak akan pernah rugi saat MEMBERIKAN sekian banyak kebaikan, meskipun dengan Kebaikan itu pada akhirnya kita "kaya raya" maka kita akan menjadi "Orang kaya yang baik". Meskipun dengan kebaikan itu kita "tidak kaya" maka kita akan menjadi orang yang "Baik dan sederhana", apapun yang terjadi, yang terjadi adalah yang TERBAIK bagi orang baik.

Kita TIDAK PERLU membahayakan pertemanan dengan Menawarkan produk yang Tidak mereka butuhkan dimana mereka tidak memiliki peluang untuk berkata "tidak". Jika mereka membeli karena "terpaksa", maka tentu saja ini BUKAN sebuah KEBAIKAN. Jika mereka "Menolak" tentu saja kita akan merasa kesal.

Sehat itu Baik.
Menjadi lebih muda itu Baik.
Menjadi Sehat, Sejahtera dan Menjadi Awet Muda tentu saja adalah SEBUAH KEBAIKAN.

Kita tentu saja TIDAK AKAN PERNAH MEMBAHAYAKAN pertemanan dengan siapapun jika yang kita lakukan adalah sebuah KEBAIKAN. Teman kita MEMBUTUHKAN kesehatan. Teman kita MENGINGINKAN untuk bisa selalu tampak AWET MUDA dan beberapa teman memang memerlukan PELUANG USAHA yang Baik dan Terukur.

Kita TIDAK AKAN BISA memberikan sesuatu yang TIDAK KITA MILIKI.

MILIKILAH apa yang mereka butuhkan / inginkan , jika kita MEMILIKI hal itu, tentu saja tanpa perlu banyak "bergerak", sahabat kita secara naluriah akan mulai bertanya : "Why ? What ? How? ..."


Ketika "MOMENTUM" itu terjadi ...

CEPAT pergunakan momentum itu dengan TEPAT ! Jangan Ragu ! Karena tugas kita memang BERBAGI KEBAIKAN pada Orang yang Tepat, disaat yang tepat dengan cara penyampaian yang tepat.

Semoga Bermanfaat.
putudjajadiwangsa@gmail.com
www.galvaclub.blogspot.com
berjuang. berbuat baik. berdoa.