about me I

Selasa, 22 Desember 2009

(Ingin) Menjadi Blue Diamond !

Sebagai praktisi MLM kita tentu saja memiliki sekian ragam IMPIAN.

Tidak sedikit praktisi MLM yang "patah ARANG" di tengah jalan kemudian MEMBUANG dan MELUPAKAN Impian mereka, Tidak sedikit praktisi MLM yang hanya pandai berbicara tanpa berusaha sehingga mulutnya berbusa dan menebarkan bau seperti aroma BELERANG, namun ada pula yang terus berjuang dan berdoa agar Impian itu dapat diraihnya. Mereka tahan terhadap hantaman, ujian, dan cobaan sehingga menjelma seperti Intan (Diamond). Boleh ditanyakan kepada guru Kimia di bangku SMA, ternyata Arang, Belerang dan Intan (Diamond) memiliki struktur Kimia yang sama. Namun pada akhirnya ketiga benda ini memiliki karakter yang berbeda.

Menjadi seorang "Top Distributor" adalah impian setiap praktisi MLM . Posisi itu biasanya dinamai dengan berbagai sebutan, diantaranya dengan sebutan "BLUE DIAMOND", sebuah sebutan bagi seorang distributor dimana ia telah memiliki group yang sangat besar dan memiliki sekian banyak bonus yang berlimpah ruah :-)

Apakah karena ada sekian banyak praktisi MLM yang "gagal" maka kita kemudian kehilangan ke - INGIN - an untuk MENJADI BLUE DIAMOND ? Tentu saja jawabnya adalah TIDAK. Kita akan tetap memiliki impian itu dan akan tetap "menyanyikannya" ... akan tetap BERJUANG untuk dapat meraihnya dan akan tetap BERDOA agar Tuhan mengabulkan impian kita UNTUK MENJADI SEORANG BLUE DIAMOND.

***

Seorang sahabat dari Medan pernah "mengeluh" karena Ia merasa tidak memiliki "Bakat" untuk Menulis ... saya bilang : " Menulislah ! Dan "Bakat" itu akan datang dengan sendirinya ..." Jika di pagi hari kita terbangun dan tidak ada pikiran lain dalam benak kita selain menulis dan menulis, maka pada saat itu kita SUDAH MENJADI SEORANG PENULIS. Menulis itu seperti minum Capucino di setiap pagi. Ini adalah aktifitas yang "menggairahkan" dan menyenangkan serta ...bikin kita ketagihan ! ;-) ( Selang berapa lama, sahabat saya dari Medan "berteriak" : "Mas Putuuuuuuu ! Saya sekarang sudah "ketagihan" menulis ! Setiap pagi saya ingin segera menyelesaikan pekerjaan rumah saya agar bisa Menulis di depan komputer !" :)

Bakat itu bukan diturunkan, bukan warisan, bukan turunan. Bakat seseorang dalam bidang APAPUN adalah senyawa kompleks yang terdiri dari paduan mimpi, cita-cita,semangat, kebiasaan dan pembiasaan (perilaku baru). Kita tak bisa lagi menuding GEN sebagai bagian dari sel yang menurunkan sifat . Sel-sel yang menyusun tubuh kita -dan menjadi rumah bagi gen tersebut- ternyata bekerja dengan cara merespon lingkungan. Artinya, jika Anda ingin menjadi seorang BLUE DIAMOND di MLM yang anda ikuti, ciptakan saja lingkungan yang akan terus memicu GEN Anda untuk menemukan dan menguji berbagai kombinasi senyawa baru yang pas bagi Anda. Senyawa unik yang akan menjadikan anda MENJADI seorang BLUE DIAMOND ! Hal itu bisa dimulai dari mimpi, namun untuk mewujudkannya tentu saja harus melalui kebiasaan dan latihan yang sistematis dan berkesinambungan :-)

Dalam kaitannya dengan "Menciptakan Lingkungan Baru", lagi-lagi sahabat saya dari Medan SMS Saya : "Mas Putuuuuuuuu ! Saya sekarang ganti nomor Hand Phone ! Saya hanya akan mengisi Phone Book Saya dengan orang-orang yang Positif ! Saya hanya akan mengisi Phone Book Saya dengan orang-orang yang dapat MEMICU saya agar sukses !" :-) Alhamdulillah ... perjalanan saya ke Medan beberapa saat yang lalu ternyata berdampak nyata.

Untuk merubah "nasib", maka kita harus Merubah diri kita menjadi LEBIH BAIK, dan ketika kita Berproses dalam perubahan itu, maka pelan tapi pasti LINGKUNGAN KITAPUN AKAN BERUBAH ! Teman-teman kita akan BERUBAH, pembicaraan kita akan BERUBAH, dan cara kita bersosialisasi pun akan BERUBAH. Tentu saja kita juga berharap KESEJAHTERAAN kita pun akan BERUBAH menjadi LEBIH BAIK dari waktu ke waktu. Amin.

DUPLIKASI adalah kata kunci dalam mengembangkan bisnis MLM, namun seringkali hal ini ditafsirkan dengan pandangan yang kurang tepat. DUPLIKASI jelas bukan proses PENYERAGAMAN, bukan proses menjadikan sekian banyak manusia yang jelas-jelas berbeda menjadi benar-benar sama seperti robot yang diproduksi di pabrik.

Setiap manusia itu mempunyai keaslian atau keunikan. Bahkan tiap-tiap individu yang terlahir sebagai kembar identik pun merupakan rancangan yang tidak sama dengan saudara kembarnya. Keunikan merupakan strategi bertahan hidup yang selama ini digunakan oleh semua flora, fauna, juga manusia. Tanpa keunikan, tak akan ada keragaman yang begitu kaya di Bumi ini. Keaslian atau keunikan terbukti merupakan sumbangan yang sangat besar bagi kehidupan. Tugas kita adalah "menemukan" keunikan yang kita miliki agar kita mampu mengenal diri kita sendiri.

Bagaimana cara menemukan keunikan kita?

Langkah pertama,

Pelajarilah diri Kita sendiri, dengan cara BERDIAM DIRI. Dalam "DIAM" maka segala macam "keburukan" dan "Kebaikan" di masa lalu akan melintas begitu saja seperti tayangan Film. Dalam proses ini, kita akan melihat sekian banyak "kebodohan" yang telah kita perbuat - juga - segala macam "kebanggaan" yang pernah kita lalui. Dalam Diam ... otak kembali "mempertontonkan "Kelebihan" dan "Kelemahan" kita di masa lalu.Ini adalah Fase "Pengenalan diri". Jangan dilawan ...jangan dibantah ... lihat saja "Tayangan masa lalu" itu apa adanya. TERIMA semua "Kelebihan" dan "Kelemahan" yang telah kita lakukan di masa lalu APA ADANYA (Lagian yang lalu tak akan kembali toh ;-) )Setelah menerima keberadaannya, Penerimaan ini merupakan tahap awal proses pengenalan diri. Tanpa penerimaan dan pengenalan diri, tanpa kemauan untuk menerima segala KELEBIHAN dan KEKURANGAN yang kita miliki, kita tidak akan pernah tahu apa artinya PERCAYA DIRI. :-)

Apa hubungan antara PERCAYA DIRI dengan keinginan kita untuk menjadi BLUE DIAMOND di bisnis MLM yang sedang kita tekuni ? Tentu saja sangat ERAT HUBUNGANNYA.

PERCAYA DIRI itu membuka kesempatan pada pengalaman belajar yang luas dan terbuka. Percaya diri membuat kita memiliki KEBERANIAN untuk MENAMPILKAN DIRI APA ADANYA, termasuk semua yang menjadi ‘kelemahan’ kita. Jika kita sudah PERCAYA pada DIRI KITA SENDIRI maka Kita tidak akan tergerak untuk melakukan rekayasa atau MANIPULASI apapun demi membuat orang terkesan.

Jika kita sudah PERCAYA pada DIRI KITA SENDIRI maka kita tidak akan "berlaga kaya" agar dikagumi oleh orang lain, kita tidak akan memaksakan diri membeli "hand phone mahal" atau "Note book terbaru" hanya karena ingin dipuji oleh orang lain, kita tidak merasa perlu untuk "mempertontonkan" sekian banyak harta yang dimiliki hanya karena ingin dipuja-puja seperti dewa.

Jika kita sudah PERCAYA pada DIRI KITA SENDIRI maka kita akan melangkah dengan mantap menemui para prospek kita meskipun kita hanya mengendarai sepeda motor, meskipun kita baru mampu naik angkutan umum, meskipun hand phone kita tergolong "jadul", meskipun baju kita sederhana, meskipun uang di kantong pas-pasan, meskipun tagihan listrik belum dibayar.

Seorang distributor MLM yang memiliki PERCAYA DIRI yang KUAT meskipun mengendarai "REVO", namun Ia akan LEBIH BERSINAR dibanding seorang distributor MLM yang MEMANIPULASI PENAMPILAN dengan berlagak di samping Mobil Mewah padahal beberapa bulan kemudian mobil itu harus digadaikan karena ia tidak mampu lagi membiayai biaya perawatan mobil "mahal" itu. Mengandalkan "Mobil Mewah" dan "Rekening Tabungan" adalah BENTUK NYATA KETAKUTAN dan KETIDAK PERCAYAAN PADA DIRI SENDIRI. Mereka bukan orang sukses. Saya berpendapat bahwa rang-orang yang senang mempertontonkan harta dan memamerkannya kepada orang-orang yang kekurangan adalah para PECUNDANG.

PERCAYA DIRI membuat mata kita mampu melihat lingkungan APA ADANYA. Percaya diri akan memancarkan secara lebih terang karakter-karakter kita, termasuk berbagai ‘kelemahan’ yang sudah kita terima sebagai bagian dari diri kita.

‘Kelemahan’ yang terpancar tersebut akan mendapatkan reaksi dan kritik dari luar. Namun sepanjang kita merencanakan untuk memperbaiki dan membentuk diri sesuai dengan mimpi dan cita-cita kita untuk menjadi seorang BLUE DIAMOND, maka kita justru akan mendapatkan bantuan besar lewat pengamatan luar, tanpa harus susah payah mencari-carinya sendiri. Sifat-sifat positif seperti inilah yang membuat orang yang percaya diri justru lebih cepat belajar dan lebih mudah mengalami perkembangan menuju kehidupan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Amin.

Langkah kedua,

Jangan pernah berhenti untuk selalu memperkuat aspek ‘kekuatan’ Anda. Teruslah Berjuang ! Teruslah melakukan per - BAIK - an ! Teruslah bantu dengan DOA ! Latihan yang terus diulang dan diulang akan menghasilkan umpan-balik yang selalu berbeda dan berkembang. Lakukanlah berbagai eksperimen. Jika Anda melakukannya dengan segenap jiwa dan PANTANG MENYERAH, Anda akan menemukan kombinasi unik berbagai karakter yang Anda miliki. Anda akan menemukan originalitas Anda! Anda adalah mahluk LUAR BIASA yang diciptakan oleh sang Maha SEMPURNA : Tuhan Seru Sekalian alam.

Jika setiap pagi tidak ada yang anda pikirkan selain bagaimana untuk bisa hidup LEBIH BAIK dari hari sebelumnya, maka pada saat itu anda sudah menjadi BLUE DIAMOND yang sesungguhnya. Tanpa perlu lagi menanti masa dimana seseorang benar-benar menyematkan "simbol" BLUE DIAMOND itu di Jas yang anda pakai dalam sebuah acara "penghargaan" yang dihadiri sekian banyak orang. Karena MENTAL BLUE DIAMOND itu sesungguhnya sudah ada dan sudah anda temukan di dalam diri anda masing-masing. Anda hanya perlu tekun untuk SELALU MENGASAHNYA agar Diamond itu BERSINAR. Karena terlepas dari keragaman dan keunikan yang dimiliki oleh setiap orang, TUHAN telah memberikan "DIAMOND" itu pada seluruh ummat NYA.



Tetaplah Berjuang
Tetaplah Berbuat Baik
Tetaplah Berdoa
dan JADILAH seorang BLUE DIAMOND !

Semoga Bermanfaat

(diadaptasi dari berbagai sumber)

Putu Djajadiwangsa.
www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail
+62 817 42 1691 SMS