about me I

Minggu, 13 Desember 2009

Substansi Sebuah Kesuksesan


Jika kita bertanya tentang arti "Sukses" pada 5 orang, maka bisa saja kita mendapat 5 jawaban yang berbeda. Bisa saja orang memandang sebuah kesuksesan dengan pandangan yang beragam, namun, apapun arti "Sukses" bagi sekian banyak praktisi MLM (Multi Level Marketing) mereka "Sepakat" bahwa "Kesuksesan" itu bisa mereka dapatkan di dunia MLM .

Sekian banyak orang menghubungkan suatu kesuksesan dengan kepemilikan materi. Rumah dan mobil mewah, uang berlimpah, dan sekian banyak perhiasan yang menempel di badan.Karena kesuksesan didefinisikan "seperti itu" oleh sekian banyak orang, maka hal ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian Leader MLM tertentu dengan mengadakan sekian banyak event kolosal yang berisi acara pamer-pamer harta.

Apa yang terjadi kemudian ?

Sekian banyak member baru dan member yang "belum kaya" kemudian merasa bahwa mereka dalam kondisi yang tidak "seharusnya". Mereka masih pakai motor kreditan, padahal "seharusnya" mereka bisa memiliki mobil mewah. Rumah mewah yang dimiliki dan "dipertontonkan" oleh para leader mereka secara langsung telah membuat sekian banyak member merasa bahwa rumah mereka "tidak ada apa-apanya". Rekening tabungan yang berisi ratus-ratus juta dan milyar-milyar yang dimiliki dan dipertontonkan oleh para leader mereka ... cerita tentang liburan keliling dunia ... belanja sepatu dari Italy, belanja baju di Paris ... minum kopi di Singapura , jemuran di Hawai ...semua itu ...semua cerita itu... sudah sangat amat cukup untuk membuat sekian banyak member MLM HISTERIS dan berteriak dengan suara menggelegar secara serentak " "RRRrruaaar biasaaaa !"

Apa yang terjadi kemudian ?

Sekian banyak member MLM kemudian kehilangan rasa Syukur. Rasa syukur kepada Tuhan untuk semua yang TELAH mereka miliki. Mereka mungkin masih naik motor kreditan, harus bekerja dari pagi buta sampai larut malam dengan penghasilan pas-pasan dan tinggal di rumah kontrakan, namun ...bukan berarti tidak ada yang dapat mereka syukuri ... sesungguhnya kehidupan "seperti itu" JAUH LEBIH BAIK dibanding bergelimang harta namun divonis dokter dengan kanker stadium empat !

***

Saya pernah mendengar seorang sahabat saya berpendapat bahwa Substansi sebuah kesuksesan BUKAN terletak dari apa yang kita miliki, namun terletak pada PERBUATAN BAIK seperti apa yang TELAH KITA LAKUKAN. Tentu saja kita boleh - boleh saja MEMILIKI benda apapun yang kita inginkan, selama semua itu didapat dengan cara yang baik dan benar. Apalagi jika apa yang kita MILIKI juga bernilai baik dan membawa kebaikan bagi orang - orang di sekitar kita.

Setiap hari kita berdoa kepada Tuhan semoga upaya kita di bisnis MLM ini dapat memberi kehidupan yang lebih baik . SATU-SATUNYA cara untuk meraih kehidupan yang lebih baik adalah dengan melakukan sebanyak-banyaknya kebaikan.

Bagaimana bisa kita meraih kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang jika setiap hari kita menebar keburukan ? Bagaimana bisa kita berharap kita LAYAK mendapat kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia ... jika setiap hari kita dengan mudahnya menebar sekian banyak janji dan harapan yang belum tentu dapat kita penuhi sehingga berpotensi membuat sedih dan kecewa sekian banyak orang ?

Dengan BANYAK BERBUAT KEBAIKAN maka kita boleh dan LAYAK untuk berharap bahwa hari esok akan LEBIH BAIK , dimana semua kebaikan itu akan menjadi PENYEBAB datangnya kebahagiaan - kebahagiaan di masa yang akan datang.

Beberapa hari yang lalu, di sini, di Kota Medan ini, dalam satu hari saya bertemu dengan tiga orang praktisi MLM yang sudah sangat sukses. Adalah benar bahwa mereka telah menjadi team Elite Members dengan penghasilan tidak kurang dari Rp. 500 Juta per bulan. Adalah benar bahwa mereka telah MEMILIKI sekian banyak materi, namun bukan hanya itu yang membuat saya KAGUM dan BERMIMPI suatu saat akan bisa seperti mereka di bisnis MLM ini.

Mereka sedemikian ramah dan sangat jauh dari kesan sombong. Tetap tersenyum lembut dan tetap bersikap biasa - biasa saja.

Mereka MEMILIKI semua yang telah mereka MILIKI bukan karena mereka pandai merayu dan mudah menebar sekian banyak janji dan harapan. Mereka menjadi mereka pada hari ini karena mereka tidak henti-hentinya BERBUAT BAIK dengan cara membantu SEKIAN BANYAK ORANG untuk menjadi LEBIH BAIK, Lebih Sehat, Lebih Cantik, Lebih Sejahtera ...

Dengan BERBUAT BAIK bukan jaminan setiap orang akan KAYA RAYA, namun Kekayaan yang TIDAK DISEBABKAN oleh usaha yang baik dan benar - meskipun kaya -tentu saja hal itu bukanlah sebuah kebaikan.

Mari kita ber MLM ria dengan Baik dan benar. Karena jika Kebaikan yang kita lakukan, maka kehidupan kita PASTI LEBIH BAIK meskipun belum tentu kaya raya.

Jika kita ( ber MLM ria dengan ) menyertakan Tuhan dalam setiap KEBAIKAN yang kita lakukan, maka TUHAN SENDIRI yang MENJAMIN bahwa Kelak kita PASTI akan BERGEMBIRA di Surga yang telah Ia sediakan. (QS : Ar Rum : 15 )

Semoga Bermanfaat.
putudjajadiwangsa@gmail.com
www.galvaclub.blogspot.com
berjuang. berbuat baik. berdoa.