about me I

Sabtu, 06 Februari 2010

Bahasa Tubuh


Bahasa tubuh dan intonasi jauh lebih penting daripada ‘semburan’ sekian banyak kata-kata yang tidak jelas juntrungannya.

Jika kurang yakin dengan apa yang sedang dikerjakan, maka ketidakyakinan itu akan terpancar dari tubuh dan dari intonasi saat berkata - kata.

Jika kurang yakin dengan bisnis yang sedang dikerjakan, maka tidak mengherankan jika tidak ada seorang pun yang mau bergabung dalam bisnis itu.

Untuk sukses dalam bidang apapun, seseorang harus terdengar, terlihat dan tentu saja harus dapat membuktikan bahwa Ia tahu percis apa yang sedang dilakukan. Kita tentu saja tidak akan mempertaruhkan sekian banyak waktu, tenaga dan materi yang sangat berharga, hanya untuk bergabung dengan seorang praktisi MLM yang berkata : “Saya sih ikut MLM iseng saja …kalau ada yang mau ikut iseng silahkan … kalau nddak juga nddak apa-apa” .

***

Kenyataan dilapangan mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak peduli dengan apa yang kita kerjakan sampai mereka melihat bahwa apa yang kita kerjakan berpengaruh bagi mereka

Sebagai praktisi MLM, kita tidak bisa sekedar “menyemburkan” sekian banyak janji dan harapan tentang masa depan yang lebih baik bermodalkan 'marketing plan ajaib". Jika itu yang kita “jual” akan ada orang yang bertanya : "Anda sudah berapa lama ikut MLM ? Penghasilan Anda sekarang sudah berapa ?"

Meskipun telah 'kaya raya', mungkin akan ada orang kritis yang akan melanjutkan dengan pertanyaan : " Apakah Anda bisa menjamin bahwa saya pasti akan sukses seperti Anda ? Berapa lama ? Perlu modal berapa ? Apa yang harus saya lakukan ? Bagaimana kalau saya sudah melakukan percis seperti yang Anda sarankan namun kemudian gagal ? Apakah Anda akan bertanggung jawab untuk mengganti kerugian materi dan waktu yang telah saya korbankan ? Jaminan apa yang bisa Anda berikan jika saya kemudian gagal, padahal saya sudah melakukan percis seperti yang anda anjurkan ?"

***

Daripada ‘menyemburkan’ sekin banyak janji dan harapan yang tidak jelas juntrungannya, pada fase awal prospekting akan lebih aman kalau berbicara tentang produk yang didistribusikan. Benar, mungkin orang yang “ngejar bonus” tidak akan tertarik dengan produknya, mungkin mereka dengan tidak sabar akan segera bertanya tentang ‘marketing plan’ nya.

Tanpa dukungan produk yang REAL, sebuah marketing plan akan berubah menjadi sarana MONEY GAME. Tanpa dukungan produk yang REAL , marketing plan hanya akan indah sebatas di atas kertas. Tanpa dukungan produk yang REAL, jaringan yang terbentuk benar-benar hanya akan bergantung pada acara “motivasi kolosal” yang menampilkan sekian banyak leader yang sibuk memamerkan materi di depan sekian banyak member yang berteriak-teriak histeris, sambil bertepuk tangan dengan riuh rendah.


Peran produk dalam ber MLM ria sangatlah penting. Jika produknya bagus, bisnisnya akan jalan. Jika produknya bagus tapi bisnisnya tidak jalan, mungkin sangat layak untuk mempertanyakan kembali sejauh mana keyakinan akan apa yang dikerjakan. Produk sebagus apapun sangat sulit untuk dijual jika tidak memiliki KEYAKINAN.

KEYAKINAN pada suatu produk tidak muncul karena adanya sekian banyak promosi dan ajakan. Keyakinan pada suatu produk akan muncul dengan sendirinya ketika produk itu terbukti bermanfaat dan memuaskan ketika digunakan.

Tidak ada jalan pintas untuk sukses. Semua membutuhkan PROSES. Milikilah pengalaman nyata. Ceritakan apa yang benar-benar Anda suka. Tulislah dan sebarkan pengalaman NYATA Anda kepada orang - orang di sekitar Anda dan biarkan mereka melihat BUKTI NYATA cerita itu pada diri Anda sendiri.Sekali lagi, Ceritakanlah pengalaman Anda. Tuliskanlah pengalaman nyata.

Semakin banyak pengalaman nyata yang Anda peroleh, semakin banyak cerita dan tulisan yang Anda buat , maka Anda berpeluang besar untuk dapat meyakinkan sekian banyak prospek.

Ketika prospek dapat melihat bahasa tubuh anda yang meyakinkan dan mendengar intonasi Anda yang mencerminkan keyakinan Anda, maka pada saat itu Anda dalam posisi yang sangat baik untuk membuat bisnis ini berkembang sesuai dengan apa yang Anda harapkan.


Mari kita ber MLM ria dengan baik dan benar.

Tetaplah BERJUANG
Tetaplah BERBUAT lebih BAIK
Tetaplah BERDOA.

Semoga Bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa
putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691
http://www.likalikumlm.blogspot.com