about me I

Jumat, 26 Februari 2010

Tekhnologi Informasi dan MLM


Teknologi Informasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali dalam bidang MLM (Multi Level Marketing).

"DAHULU KALA", sekian banyak leader nyaris benar-benar menggantungkan kelangsungan bisnis MLM dengan cara membuat sekian banyak pertemuan kolosal yang TERBUKTI mampu memicu EMOSI sekian ribu member untuk "berteriak", "bersorak-sorai", "Bertepuk tangan", "Tertawa", "Tersenyum", bahkan mengucurkan air mata dalam selang waktu yang berdekatan. Para leader MLM itu menerapkan pendekatan yang sangat emosional dalam menawarkan konsep bisnis MLM dan hal ini pernah terbukti sangat "mujarab" dimana kemudian sekian ribu member terbakar emosinya dan dengan semangat '45 mereka melakukan prospecting di lapangan, mengajak saudara, sahabat dan handai taulan untuk ber MLM ria.

Seiring dengan perkembangan Internet, SMS, MMS, Koran, TV, Radio yang "membombardir" dengan sekian banyak informasi, sekian banyak pelaku MLM kemudian mendapat "pencerahan" dari berbagai sumber informasi yang dengan sangat mudah bisa mereka dapatkan. Efeknya sangat JELAS : Para pelaku MLM ini kemudian dengan cepat belajar dan semakin cerdas, mereka memiliki sekian banyak referensi dan informasi berkenaan dengan dunia MLM dan ..... sebagian dari mereka bisa dengan cepat BERPINDAH dari satu MLM ke MLM lain yang dipandang lebih baik, lebih cocok, lebih menguntungkan, lebih gampang .....akibatnya ..... sekian banyak leader MLM yang terbiasa menggunakan "pertemuan kolosal" tidak mudah lagi untuk membangkitkan emosi para membernya karena mereka sudah mulai kritis dan tidak bisa begitu saja menerima "petuah" dari para Leader mereka.

Dengan perkembangan teknologi Informasi, budaya "banyak bicara" kemudian bergeser pada budaya "menulis". Kini orang sangat akrab dengan SMS, Internet, YM, Google Talk, Chatting, Facebook, Twitter, ... dan ternyata, disamping mereka mendapatkan sekian banyak informasi yang memperkaya wawasan mereka, orang - orang yang sudah terbiasa hidup dengan handphone dan internet ternyata berevolusi menjadi manusia yang sangat emosional ! Mereka tertawa - tertawa sendiri di depan komputer, pada detik selanjutnya mereka bisa tiba-tiba sedih karena mendapat berita duka via SMS, namun dalam detik berikutnya tersenyum sendiri saat chating dengan teman dekat, dan pada detik berikutnya lagi bisa tertawa terbahak-bahak (sendirian !) karena mendapat e-mail yang berisi cerita yang sangat lucu. Perkembangan teknologi informasi membuat EMOSI seseorang berubah-rubah dalam tempo yang cepat !

Sebagai praktisi MLM tentu saja kita tidak mau ketinggalan dalam "menangkap" peluang ini. Kita tentu saja dapat memanfaatkan SMS, Email, YM, Twitter, Facebook, Google Talk ... untuk mengembangkan jaringan kita ke seluruh dunia hanya dengan duduk di depan komputer dan memegang handphone ! Inilah salah satu sebab mengapa INTERNET NETWORK MARKETING sangat menarik untuk ditekuni :-)

Kalau pada jaman "PURBAKALA" para leader MLM hanya sibuk jingkrak-jingkrak di atas panggung dan harus memeras keringat untuk "membakar" emosi sekian ribu member selama ber jam - jam dengan berbicara tentang "ini - itu" dengan suara lantang di atas mimbar, maka pada SAAT INI jangankan mencari member baru dalam ber MLM ria, akan tetapi mencari teman, mencari jodoh, mencari rumah, mencari mobil, mencari pekerjaan sudah menjadi hal yang umum dilakukan lewat SMS atau instant messenger ! Secara pribadi saya saat ini TELAH memiliki sekian banyak mitra kerja dalam ber MLM ria yang menyebar di sekian pulau hanya dengan berinternet ria ! Menyenangkan sekali neh ... ;-) ( Hidup Internet ! Hidup SMS ! )

Kita sedang berbicara tentang PRILAKU PROSPEK. Pada jaman "PURBAKALA", sekian banyak prospek harus "digiring" agar mau ikut "pertemuan" (kadang sedikit 'dipaksa' ;-) ), Kemudian ... di dalam pertemuan itu, beberapa leader melakukan "atraksi" di atas panggung yang membuat sekian ribu member dan prospek merasa sedih, gembira, kagum, bersemangat, berteriak, bertepuk tangan, .... dan sesekali serentak bangkit dari tempat duduk, mengacungkan kepalan tangan dan berteriak dengan lantang : "Rrrrruarrrrrr Biaassaaaaa ..... !!!"

HARI INI memang masih banyak pelaku MLM yang masih memakai "clasic menu" seperti "itu", namun sudah banyak pula yang lebih menyukai pendekatan tekhnologi untuk "memacu" emosional prospek secara bebas, mudah, murah dan praktis. Lagipula, mengekspresikan perasaan (emosi) memang merupakan KEBUTUHAN dasar manusia. :-)

Dalam konteks ini, sebagai praktisi MLM kita ditantang untuk pandai menggabungkan kecanggihan tekhnologi dengan memasukkan muatan - muatan emosi. Itu sebabnya pada saat chatting, SMS - an, kita sering menyisipkan EMOTICONS.

Tidak hanya dalam dunia MLM, dalam dunia Marketing konvensionalpun pada FAKTUALnya proses pengambilan keputusan oleh prospek memang didasarkan pada pertimbangan EMOSIONAL.

Bisnis MLM (sebagaimana bisnis - bisnis yang lainnya) sangat syarat dengan nuansa EMOSIONAL. Sebagai praktisi MLM kita ditantang untuk mampu melakukan "mood management" secara sistematis dan berkesinambungan.

Kita tahu, Prospek kita semakin cerdas dan semakin RASIONAL, namun sejalan dengan pesatnya perkembangan tekhnologi informasi, pada FAKTUALNYA mereka juga semakin EMOSIONAL dalam mengambil keputusan. Kita tentu saja tidak dapat menawarkan suatu PRODUK atau PELUANG BISNIS sebagus apapun kepada seorang prospek yang sedang "BAD MOOD". ;-)

PROSPEK kita kini semakin CERDAS dan sudah terbiasa dengan email, SMS, Internat, MMS, YM .... sehingga mereka memiliki wawasan yang relatif semakin luas dari waktu ke waktu. Pendekatan "KOLOSAL" seperti yang dilakukan oleh para leader MLM di jaman "PURBAKALA" tentu saja tidak cukup. Prospek kita juga "menuntut" pendekatan yang lebih PERSONAL. Pendekatan EMOSIONAL dengan media yang mudah, murah dan praktis.

Sebagai praktisi MLM yang ingin mengembangkan bisnis MLM, tentu saja kita tidak akan melewatkan MOMENTUM ini. Kita tidak akan menyia-nyiakan SMS, MMS, E-mail, YM, Chatting, Website, Blog, ... Kita AKAN MENGOPTIMALKAN semua itu untuk membangun bisnis ini. Untuk SUKSES dalam ber MLM ria.

Semoga Bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa
putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691
http://www.likalikumlm.blogspot.com