about me I

Sabtu, 20 Februari 2010

MLM dan Nasi Goreng


Pada prinsipnya, setiap orang bisa membuat nasi goreng. Semua orang tentu saja bisa menggoreng nasi.

Pada prinsipnya, setiap orang bisa ber MLM ria (Menjalankan usaha dalam bidang Multi Level Marketing ). Semua orang tentu saja memiliki kemampuan "alami" dalam bidang marketing.

Dalam konteks ini, saya berpendapat bahwa pada dasarnya MLM itu adalah SAMA . Dalam konteks ini saya berpendapat bahwa Pada dasarnya nasi goreng itu adalah sama : Nasi ... digoreng !

***

Semua orang pada dasarnya bisa menggoreng nasi. Namun MESKIPUN nasinya sama, minyak gorengnya sama, bumbunya sama, akan tetapi dari 10 orang yang membuat nasi goreng BELUM TENTU menghasilkan nasi goreng yang memiliki RASA yang sama.

Sebagai praktisi MLM (Multi Level Marketing), tugas kita tentu saja bukan sekedar "menggoreng nasi", namun lebih dari itu, tugas kita adalah juga membuat nasi goreng yang memiliki rasa yang enak sehingga bisa dimakan dengan nikmat dan bisa MEMENUHI SELERA pelanggan.

***

Semua orang pada dasarnya bisa menggoreng nasi, namun , tidak setiap orang bisa berhasil untuk menjadi pengusaha nasi goreng.

Semua orang pada dasarnya BOLEH ber MLM ria, namun , tidak setiap orang bisa berhasil menjadi "Networker" yang sukses dan sejahtera.

Tidak ada jaminan bagi siapapun untuk BERHASIL dalam bidang apapun. Yang harus dilakukan hanyalah BERUSAHA sebaik mungkin, terus berjuang, terus berbuat LEBIH BAIK dan terus berdoa untuk dapat meraih keberhasilan itu.

Tidak ada masalah apakah hasil akhirnya "sukses" atau "gagal". Karena KEBERHASILAN YANG SESUNGGUHNYA adalah suatu kondisi dimana manusia tidak berhenti untuk terus berjuang, tidak berhenti untuk terus berbuat lebih baik dari waktu ke waktu, tidak berhenti untuk senantiasa BERDOA.

Semua orang pada dasarnya bisa menggoreng nasi. Masalahnya kemudian adalah bagaimana bisa membuat nasi goreng dengan rasa yang disukai oleh banyak orang :-)


Tetaplah BERJUANG
Tetaplah BERBUAT lebih BAIK
Tetaplah BERDOA.

Semoga Bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa
putudjajadiwangsa@gmail.com
+62 817 42 1691
http://www.likalikumlm.blogspot.com