about me I

Jumat, 10 Juli 2009

Duplikasi ...

Anak saya baru saja tamat Taman kanak-kanak. Senin besok si kecil mulai masuk SD :-)

Meskipun baru tamat Taman Kanak-kanak, dia sudah lancar membaca dan menulis. Namun meskipun sudah lancar membaca dan menulis anak saya yang baru tamat TamanKanak-kanak belum bisa mengajar orang yang belum bisa membaca dan menulis agar bisa membaca dan menulis.

Orang yang bisa membaca dan menulis belum tentu bisa mengajar orang lain yang belum bisa membaca dan menulis sehingga bisa membaca dan
menulis.

***

Dalam dunia MLM kita mengenal istilah "duplikasi" ... suatu proses dimana seorang "up-line" "menularkan" seluruh kemampuannya dalam ber-MLM-ria kepada mitra kerja yang berada di dalam jaringannya.

Hal-hal apa saja yang seharusnya di-duplikasi-kan ?

1. Kemampuan untuk menjual produk atau jasa
2. Kemampuan untuk mengajak
3. Kemampuan untuk mengajar orang agar mampu menjual dan
mengajak

Mungkin saja seorang distributor MLM sudah pinter menjual dan mengajak tapi ... tidak semua distributor yang pinter menjual dan mengajak bisa mengajar orang lain yang belum bisa menjual dan mengajak agar bisa menjual dan mengajak ...

Aktifitas distributor MLM dalam upayanya untuk mendafat manfaat finansial adalah upaya yang sistematis dan berkelanjutan dalam hal "menjual dan mengajak orang lain untuk menjual dan mengajak ..."

Itu sebabnya ada yang berpendapat bahwa bisnis MLM (beneran) adalah bisnis transformasi intelektual ...

Orang yang demen jualan "marketing plan ajaib" akan "menularkan" hal itu pada jaringannya sehingga terbentuklah komunitas manusia yang terdiri atas pribadi-pribadi yang ingin cepat kaya dengan cara mudah ..kumpulan pribadi-pribadi yang doyan membual dan gampang banget menebar harapan dan janji yang belum tentu dapat mereka penuhi .. komunitas para pemimpi..para penghayal...yang cuma bisa "day dreaming..." :-(

jika ini yang terjadi, maka yang terbentuk bukan komunitas yang terdiri atas pribadi-pribadi yang "intelek", bukan komunitas yang terdiri atas pribadi-pribadi yang "gigih" dan "tangguh" akan tetapi adalah sekumpulan orang "sakit" .. sekumpulan orang malas .. orang yang pengen sukses dengan cara gampang .. ...orang-orang yang hidup di alam maya ... (Ih, mengerikan .. :-( )

Ber-MLM-ria bukan sebuah "game" untuk sekedar menjual mimpi dan harapan serta mengajak orang lain untuk sekedar bermimpi dan berharap.

Ber-MLM-ria adalah salah satu upaya nyata untuk menjual produk yang benar-benar bermanfaat bagi orang lain dengan harga yang pantas dan mengajak orang lain untuk "berbagi" manfaat dari suatu produk atau jasa ...

Jadi ..jika kita keluar sekian banyak uang untuk membeli produk yang tidak jelas juntrungannya apalagi dengan harga yang sangat mahal ... hanya karena kita terbuai dengan sekian banyak mimpi dan harapan berupa hadiah bonus atau komisi ...kemudian kita mengajak sekian banyak orang untuk menghambur-hamburkan sekian banyak uang ..waktu dan tenaga hanya untuk membeli dan memasarkan produk yang tidak jelas dengan harga yang tidak pantas hanya karena ingin cepat naik mercy dan ingin cepat punya rumah mewah ..

ini jelas tidak benar ...
ini jelas tidak baik ...

Bukankah Tuhan berpesan agar kita selalu tolong menolong dalam hal kebaikan dan saling mengingatkan untuk tidak berbuat kejelekan ?

Semoga bermanfaat.

putudjajadiwangsa@gmail.com
http://www.likalikumlm.blogspot.com