about me I

Minggu, 26 Juli 2009

Murah dan Mahal Itu Relatif ...


Medan Chamber Say :

Kita tentunya tidak akan membangun bisnis ini atas dasar murah atau mahalnya produk yang kita tawarkan



Teman saya seorang Top member broker property pernah bilang pada saya : "Aku sih nddak mau jual rumah di bawah 1 Milyar ... tapi kalau di atas 1 Milyar ... boleh lah titip jual ke aku ... aku pasarin dah !

Saya tanya : "Kok gitu ? Bukannya jual rumah yang harganya Milyaran susah ? Lha.. yang harganya di bawah seratus juta an saja jualnya susah ... gimana lagi yang di atas satu Milyar ?"

Teman saya malah ketawa ! "Ada berapa banyak orang yang mau jual rumah di bawah harga Rp. 500 juta di bandung ini ? Buanyak banget ! Artinya ... persaingannya ketat banget ... artinya jualnya susah buangeet .. dan harga yang murah juga berarti komisi yang kecil. Kita kerja kan mau dapet komisi besar dong .... lha, gimana kita bisa dapat komisi besar kalau barang yang kita jual barang murahan ? Barang pasaran ? "

Tapi coba deh kalau kita dapat Listingan rumah dijual seharga Rp. 5 Milyar .... Kira - kira itu rumah lokasinya di mana ? Dago ? Cipaganti ? Martadinata ? ... lha ... kalau kita bisa punya "barang" bagus di lokasi strategis ... masalah harga seh nomor 270 ! Banyak lho company yang berebut nyari property di jalan protokol .... :-)

Teman saya bilang lagi : "Saya Marketing property profesional, bukan marketing - marketingan ! "

Maksut lo' ? Saya bertanya.

"Kalau ada marketing yang bisa jual barang karena harganya murah apalagi menjual barang di bawah harga pasar itumah bukan marketing dong .... siapapun bisa ... dan kalau sebuah pekerjaan bisa dilakukan oleh siapa saja trus "value" kita di mana dong ? Lha ... saya akan selalu berusaha menjual barang mahal dengan harga DI ATAS harga pasar tapi dengan kondisi si pembeli juga puas ... kagak merasa tertipu ... tapi si pembeli juga seneng ... dan merasa nggak keberatan untuk membeli lebih mahal ...."

Kok Bisa ? Saya bertanya lagi. Bingung.

"Pernah minum kopi di star buck dong ? Berapa harga kopi di star buck ? Paling murah Rp. 25 rebu kali ya ? Trus ... kenapa ada orang yang dengan suka cita beli kopi seharga Rp. 25 rebu ? Padahal di tempat lain harga secangkir kopi ada yang cuma Rp. 2.500 !"

"Kagak ada orang yang maksa buat beli kopi di Star Buck ... kagak ada orang yang mosti merasa tertipu karena mosti merogoh kocek Rp. 25 rebu untuk secangkir kopi ... Star buck MAMPU MENJUAL KOPI dengan harga sangat amat "mahal" tapi konsumen tetap senang dan merasa layak untuk membayar sejumlah itu ... semua Happy ... semua senang ... Star Buck kagak "bertarung" dari segi "Prices" ... Starbuk "bertarung" di medan "Excelent Services !"

"Atau contoh paling gampang lihat deh jam tangan Rolex ! Berapa harga jam tangan Rolex ? Jauh sangat amat mahal di atas harga jam tangan biasa toh ? Trus ... kenapa orang masih mau beli Rolex ? Apakah mentang-mentang pakai Rolex sehari jadi 48 Jam ? Semenit jadi 120 detik ? Nggak toh .... ?! Sama aja dengan jam tangan biasa toh ? Tapi Rolex tetap saja Rolex ! "Positioning" nya emang kagak bertarung di prices ... emang bukan jam tangan "murahan ..." dan orang tetap mau beli ! " Begitu teman saya berkata dengan semangat '45 ....

Jadi ... Mahal atau murah itu relatif ...

Kita tentunya tidak akan membangun bisnis ini atas dasar murah atau mahalnya produk yang kita tawarkan. karena - sekali lagi - "murah" dan "mahal" itu relatif.

Semoga bermanfaat.

Putu Djajadiwangsa.
Blog Master : http://www.likalikumlm.blogspot.com
putudjajadiwangsa@gmail.com E-mail
+62 817 42 1691 SMS