about me I

Jumat, 16 Desember 2011

Benarkah MLM Bisa Membuat Anda Kaya Raya ?

Benarkah Multi Level Marketing (MLM) bisa membuat orang menjadi  kaya raya ?

Jawabnya adalah : mungkin.

Artinya ...

Mungkin MLM bisa membuat seseorang menjadi kaya raya ... sekaligus ...mungkin juga MLM bisa membuat seseorang menjadi kehilangan sebagian besar kekayaannya.

Jadi ...



Pertanyaan : "Benarkah Multi Level Marketing (MLM) bisa membuat seseorang kaya raya "  sama dan sebangun dengan pertanyaan : "Benarkah Multi Level Marketing (MLM) bisa membuat seseorang menjadi miskin"

***

Bekerja dalam bidang apapun -menurut saya - tidak perlu menjadikan uang sebagai satu - satunya parameter kesuksesan. Seorang guru yang bekerja mengajar di daerah pedalaman, yang mengabdikan sebagian besar hidupnya di dunia pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, tentu saja adalah orang yang sukses dan sangat patut dihargai meskipun mungkin sang guru itu hidup dalam kesederhanaan dan jauh dari kondisi kaya raya.

Seorang distributor MLM yang jujur, tidak ngibul, selaras antara perkataan dan perbuatan, tetap membuat nyaman orang - orang yang ada di sekitarnya dengan cara menahan diri dari prilaku suka merayu dan maksa-maksa orang untuk membeli produk atau beli tiket seminar, tentu saja adalah orang yang sukses dalam ber MLM ria meskipun mungkin hidupnya masih jauh dari dibilang kaya.

Kesuksesan itu parameternya adalah niat dan perbuatan baik. dan jika niatnya baik, dikerjakan dengan baik dan benar, maka apapun hasilnya tentu saja itu yang terbaik.

Saya pernah bertanya kepada seorang Bapak yang memiliki beberapa perusahaan dan memiliki sekian banyak kekayaan : "Apakah Bapak pernah gagal dalam berusaha ?"

Sang Bapak tersenyum. Dengan penuh percaya diri beliau berkata : " Selama saya terjun dalam dunia wirausaha saya TIDAK PERNAH GAGAL !"

Saya bingung. Bagaimana bisa Bapak yang berusia 70-an ini tidak pernah sekalipun merasakan kegagalan dalam berwiraswasta ?

Bapak itu bercerita : "Saya tidak pernah gagal karena tujuan saya dalam bekerja bukan uang. Niat saya bekerja adalah karena Allah, dan Allah hanya mewajibkan ummat Nya untuk berusaha dengan sungguh - sungguh. Sedangkan apapun hasilnya itu sepenuhnya adalah keputusan Nya. Jadi ... Saya hanya perlu meluruskan niat bekerja karena Allah dan bekerja bersungguh - sungguh karena Allah menyuruh saya untuk sungguh - sungguh dalam bekerja. Adapun hasilnya berbentuk uang atau berbentuk kehilangan banyak uang, apakah hasilnya sesuai dengan harapan saya atau tidak sesuai dengan harapan saya, saya tetap SUKSES ! Karena niat saya bekerja karena Allah dan saya berusaha dengan sungguh - sungguh karena Allah dan apapun hasilnya - saya yakin - itu adalah yang terbaik bagi saya menurut Allah."

Saya menghela nafas panjang...

Jadi ...

Apapun pekerjaan kita, hendaknya pertanyaannya adalah : "Apakah pekerjaan ini bisa bermanfaat bagi orang - orang yang berada di sekitar saya ? "


Jika dengan ber MLM ria seseorang bisa memberikan banyak manfaat kepada sebanyak - banyaknya manusia, tentu saja hal ini adalah baik. Karena orang yang paling baik menurut Tuhan adalah orang yang paling banyak bermanfaat bagi orang-orang yang berada di sekitarnya.

Jika dengan terjun ke dunia MLM seseorang memberikan banyak mudharat kepada sekian banyak manusia lain dengan membuat tidak nyaman teman-temannya karena terus menerus "dikejar" dan "dirayu" untuk membeli produk atau join ;-) membuat mudharat kepada sekian banyak orang karena terlalu banyak berjanji dan menabur kata-kata manis yang belum tentu dapat terpenuhi, tentu saja hal ini tidak baik. Karena meskipun Ia kaya raya,  namun karena caranya "seperti itu", maka saya sangat khawatir ... jangankan Tuhan, orang-orangpun akan banyak yang merasa tertipu, merasa dikibulin dan akhirnya merasa jauh lebih nyaman untuk menghindar daripada harus berhubungan dengan seseorang yang hanya bisa memberi mudharat kepada orang lain dengan tujuan hanya untuk memperkaya dirinya sendiri.

Menurut hemat saya, pertanyaan yang paling cocok untuk diajukan adalah : "Terlepas dari apakah MLM bisa membuat saya kaya raya atau miskin papa, apakah dengan ber MLM ria saya bisa memberi manfaat nyata bagi orang lain ?"

Semoga Bermanfaat.

Silahkan hubungi saya untuk berbagi cerita seputar lika-liku MLM.
Silahkan hubungi saya jika anda berminat untuk menerbitkan tulisan - tulisan saya menjadi sebuah buku :-)

putudjajadiwangsa@gmail.com
www.likalikumlm.blogspot.com