about me I

Senin, 24 November 2008

Langkah 9 : Plan It !

Langkah 9: Plan It!
Saatnya menjadi EO (Event Organizer) untuk kehidupan Anda sendiri. Semua itu membutuhkan proses untuk diwujudkan, janin manusia saja membutuhkan sembilan bulan untuk dapat menjadi bayi. Jadi, jangan mengharapkan apa yang Anda inginkan datang dalam waktu yang sangat singkat, tetapi jadilah proaktif dan gunakan waktu yang Anda miliki saat ini untuk mempersiapkan diri Anda dan merasakan hal tersebut bila saatnya sudah datang.

Memiliki rencana saat ini menjadi sangat penting sampai menjamurnya profesi Event Organizer, Party Planner (Perencana Pesta), Wedding Planner (Perencana Perkawinan) sampai Tour. Jasa inipun dibayarkan dengan biaya yang tidak murah. Jika Anda memakan waktu berapa lama untuk merencanakan perkawinan ataupun liburan Anda, dan sangat aktif mencari ide-ide baru, lakukanlah hal yang sama untuk hidup Anda. Anda adalah Life Planner - perencana hidup - untuk hidup Anda sendiri. Karena, bila Anda sudah bisa merencanakannya, terutama dengan antusiasme yang sangat tinggi, maka artinya Anda sudah siap untuk menerima hal-hal tersebut.

Ini saatnya untuk memikirkan benar-benar hal-hal positif apa yang Anda bisa lakukan saat ini dan hal-hal positif apa yang Anda akan lakukan ketika berkah itu datang. Tanyakan diri Anda, langkah-langkah apa saja yang Anda butuhkan untuk mencapai hal tersebut. Anda beberapa hal yang Anda sudah bisa langsung lakukan, Andapun bisa mencari banyak ide dan inspirasi dari orang-orang yang Anda kenal maupun lewat buku dan internet. Secara tidak sengaja, hal-hal akan mulai terjadi dalam kehidupan Anda bila Anda sudah mulai merencanakannya. Lalu, jika Anda sudah melakukan langkah 1 sampai dengan 8 tetapi belum mengetahui apa yang Anda bisa lakukan untuk membantunya lebih lanjut, ingat meditasi, Law of Abundance (Hukum Berkelimpahan) dan the Vacuum Law of Prosperity (Hukum Vakum dari Kesejahteraan).

Artinya, ilham dan berbagai ide akan datang sendirinya kepada diri Anda ketika Anda sudah siap. Biasanya, banyak sekali ide yang datang kepada saya ketika saya bermeditasi, karena saya benar-benar mencoba untuk mengkosongkan pikiran saya, yaitu dengan mempersiapkan tempat untuk datangnya ide-ide baru. Dengan hanya duduk 15 menit mengkosongkan pikiran dan mempercayai kekuatan Tuhan dan alam semesta, saya selalu secara konsisten mendapatkan ide-ide baru atau pemecahan atas masalah yang saya alami saat itu. Jadi jangan kuatir, persiapkanlah diri Anda untuk hal-hal baru, lalu setelah Anda menyerahkan diri sepenuhnya kepada Alam semesta, jawaban akan datang dengan sendirinya yang bisa membantu Anda merencanakan hal selanjutnya.

Biasanya, setelah saya melakukan meditasi dan visualisasi, pikiran saya mulai melayang dan mendapatkan hal-hal yang belum pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Saya tetap menutup mata saya dan membiarkannya melayang lebih jauh dan menerima ide-ide dan rencana-rencana yang sedang dikirimkan oleh Tuhan dan Alam Semesta. Setelah saya puas, baru saya membuka mata saya.

Setelah Anda mendapatkan petunjuk ataupun inspirasi, terutama setelah meditasi, jangan lupa untuk mencatat semua hal yang Anda dapatkan karena ini adalah rencana-rencana awal yang bisa Anda lakukan. Anda mungkin tidak akan mendapatkan jawabannya secara keseluruhan secara langsung, karena ketika Anda naik tanggapun Anda hanya bisa menaiki satu anak tangga setiap kalinya. Ketika Anda menyalakan lampu mobil di malam hari, Andapun hanya dapat melihat sampai 10 meter ke depan. Dan ketika Anda sedang dalam perjalanan keluar kota di malam hari, Anda hanya dapat mengukurnya melalui palang-palang kilometer di samping jalanan. Walaupun Anda belum dapat melihat hasil akhirnya secara nyata, Anda sudah dalam perjalanannya dan Anda dapat melihat sendiri sudah sejauh mana perjalanan Anda.

Jadi rencanakan 60 hari Anda ke depan sebagai hari-hari dimana Anda akan melakukan dan mendapatkan hal-hal yang Anda inginkan, dimana Anda akan bertemu dengan orang-orang dan situasi yang akan memberikan Anda inspirasi lebih lanjut. Rencanakan hal-hal apa saja yang Anda ingin dan akan lakukan dan catatlah di jurnal maupun agenda Anda. Semakin detil Anda merencanakannya, semakin baik. Lalu, pikirkanlah tindakan-tindakan yang Anda akan lakukan agar tindakan-tindakan tersebut selaras dengan apa yang Anda minta.

Contohnya, bila Anda ingin pindah dari rumah yang sekarang Anda tinggali, maka jangan meneruskan gym membership Anda dekat rumah yang sekarang, jangan lalu membeli banyak barang untuk rumah yang sekarang, dll, karena ini akan menjadi hal-hal yang menghambat Anda.

Latihan:

Tulisan di Jurnal Anda:

Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mendapatkan apa yang saya inginkan.
Contoh: mendapatkan rumah idaman

Mencari gambar rumah idaman dan gaya seperti apa yang saya inginkan
Mencari lokasi rumah tersebut
Melihat situasi keuangan apakah sudah mencukupi
Mencari tahu uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan rumah tersebut: Arsitek, tanah, bangungan, dll.
Kapan saya ingin memiliki rumah tersebut
Hal-hal yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan penghasilan saya
Hal-hal yang akan saya lakukan hari ini: ____________________________________
Rencana 60 hari ke depan
Ingat!!! Jika langkah ini tidak pernah Anda lakukan… yah, kemungkinan tercapainya juga kecil.